• 2023-11-10
  • PNE Team

Apa itu Pipa HDPE ? dan Apa Saja Fungsinya

Pipa HDPE

Pipa plastik memang saat ini telah banyak digunakan khususnya untuk mengalirkan air bersih. Salah satu alasan Pipa plastik digunakan adalah karena tidak mempunyai bau menyengat yang akan membuat bau pada air yang mengalir nantinya.

pipa hdpe
Pipa HDPE

Jenis pipa plastik memang beragam salah satunya adalah pipa HDPE yang banyak digunakan. Jenis pipa HDPE (High Density Polyethylene) adalah jenis pipa plastik yang terbuat dari bahan campuran minyak bumi. Ciri dari pipa ini memiliki warna hitam yang pekat dan juga memiliki garis biru pada permukaan luarnya di sepanjang pipa.

Baca Juga: Macam – Macam Cara Penyambungan Antara Panel Geocell

sifat dan karakter dari Pipa HDPE yaitu elastis dengan begitu dapat digunakan di segala kondisi tanah. kelebihan lainnya, pipa ini juga memiliki bobot yang cukup ringan yang akan mempermudah dalam proses pengiriman sehingga. Keawetan bahan yang tidak perlu diragukan lagi yaitu tahan hingga 50 tahun.

Keunggulan Pipa HDPE

kualitas Pipa HDPE memang lebih baik jika dibandingkan dengan pipa lain karena sistem pada saat penyambungan antar pipa dibutuhkan mesin khusus yaitu butt fusion agar hasil penyambungan pipa akan kuat dan tidak mudah terlepas walaupun terkena guncangan yang kompleks dan membutuhkan mesin khusus bernama butt fusion, sehingga sambungan antar pipa tidak akan mudah terlepas pada saat kondisi suhu tinggi atau suhu rendah.

Fungsi Pipa HDPE

Dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, pipa HDPE sudah banyak digunakan untuk konstruksi perairan seperti air bersih dan berbagai keperluan. Ada beberapa fungsi dari material ini dan contoh penggunaan pipa HDPE pada pekerjaan konstruksi.

Pekerjaan Pengairan

pipa air hdpe
Pipa air HDPE

Penggunaa Pipa HDPE pada pekerjaan pengairan air sudah banyak dilakukan pada jarak dekat sampai dengan jarak yang jauh. Karena karakter pipa hdpe yang memiliki keawetan sampai dengan 50 tahun sehingga pekerjaan perairan dapat dipastikan aman untuk jangka waktu yang lama. Dari segi pencemaran, pipa HDPE ramah lingkungan karena tidak merusak sekitar jika dibandingkan dengan pipa besi yang memiliki sifat korosi.

Pekerjaan Cover Kabel

cover kabel pipa hdpe
Cover kabel Pipa HDPE

Penggunaan pipa HDPE Selain sebagai alat mengaliri air, bisa juga digunakan untuk pembungkus kabel karena karakternya yang awet dan tidak mudah rusak. Banyak perusahaan besar yang telah menggunakan pipa HDPE sebafai pembungkusan kabel, seperti provider internet dan perusahaan telekomunikasi.

Pekerjaan Penyaluran Gas

pipa gas hdpe
Pipa gas hdpe

Penggunaan pipa HDPE untuk kebutuhan penyaluran gas biasa digunakan oleh perusahaan pengelola gas. Jenis pipa HDPE yang digunakan sebagai penyaluran gas bertekanan tinggi, dapat dibedakan dari warna pipa itu sendiri yaitu biasanya berwarna kuning. Pada saat teknik penyambungannya pun terdapat perbedaan dengan cara teknologi penyambungan yang digunakan untuk menyalurkan air. Metode penyambungan pipa ini dilakukan dengan cara electric fusion menggunakan mesin khusus.

Pekerjaan Pipa Rawan Bencana

Teknik penyambungan pipa ini memang termasuk kategori kompleks hingga dapat memperkecil kemungkinan terlepasnya pipa dari sambungan, sehingga pipa HDPE sangat cocok jika digunakan pada daerah yang memilki kontur tanah yang tidak stabil dan juga rawan bencana, contohnya seperti daerah pegunungan, tanah yang mudah longsor dan rawan banjir.

Baca Juga: Aplikasi Geobag Terhadap Bencana Alam

Hubungi kami