• 2023-11-28
  • PNE Team

Berikut Adalah Fungsi dari kain Woven dan Non Woven

Jenis kain woven dan non woven kedua jenis kain ini memang cukup banyak banyak digunakan pada berbagai industri. Bahan dasar pembuatan kain ini terbuat dari bahan yang sama yaitu polyester, walaupun bahan dasar keduanya sama tetapi memiliki perbedaan dan juga karakteristik yang berbeda. Lalu dimanakah letak perbedaan kedua jenis kain tersebut.

kain woven
Kain Woven

Jika dilihat dari bentuk, jenis non woven mempunyai serat yang teranyam, biasanya dipasaran dijual dalam satu warna yaitu putih. kain jenis ini memang mirip dengan karpet kain yang digunakan untuk rumah. Untuk jeni kain woven memiliki bentuk anyaman yang secara sekilas mirip dengan karung beras plastik, dan biasanya dijual dipasaran dalam bentuk warna hitam.

kain non woven
Kain Non Woven

Fungsi Kain Woven dan Non Woven

Fungsi dari kedua kain non woven dan woven pastinya berbeda meskipun sama-sama terbuat dari bahan polyester. Pada proyek dan dunia teknik sipil kain non woven banyak dipakai sebagai separator dan juga filter dalam pekerjaan proyek.

Kain ini dapat juga digunakan untuk filter agar dapat mengalirkan air ke dalam tanah, bisa juga dipakai untuk pembungkus pipa drainase. Fungsi pada kain woven biasanya digunakan sebagai bahan stabilisator tanah yang berjenis lunak atau bisa juga digunakan sebagai separator agar dapat memisahkan antara tanah dengan air sehingga dapat memperkuat konstruksi suatu proyek.

Baca Juga: Penggunaan Geotextile Untuk Berbagi Fungsi

Kekuatan pada Kain woven memiliki tarik kain dua kali lipat lebih baik jika dibandingkan dengan kain non woven. Karena kekuatannya, banyak perencanaan konstruksi teknik sipil lebih menggunakan kain woven untuk stabilisator daripada kain non woven.

Harga Non Woven

Berbicara tentang harga non woven tentunya tergantung pada ukuran dan masing-masing distributor. Biasanya kain non woven dijual dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kain woven. Untuk kualitas produk pastinya juga bergantung pada merek dan proses produksi dari kain itu sendiri. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas kita harus pintar dalam memilih produsen kain yang terpercaya agar kualitas produk yang digunakan berkualitas.

Hubungi kami