• 2022-06-30
  • Petra Nusa Elshada

Penggunaan Geotextile Untuk Berbagi Fungsi

Seperti halnya pembuatan jalan, pembuatan rel kereta api tentunya membutuhkan aplikasi dari geotextile. Yang mana memiliki fungsi sebagai lapisan pemisah atau separator antara tanah dengan sub tanah bagian bawah.

separator yang diterapkan pastinya tidak akan mengganggu sirkulasi dari air tanah. Dan juga kelebihan dari lapisan tersebut efektif mencegah getaran dan guncangan yang dialami tanah ketika kereta sedang berjalan. 

Geotextile Untuk Pertanian

geotextile bukan hanya untuk kebutuhan konstruksi saja. Lapisan geotextile sangat membantu untuk pengembangan dalam dunia pertanian. Fungsi utama dari Geotextile dalam dunia pertanian yakni dapat mengendalikan lumpur

geotextile

bahwasannya tanah berlumpur merupakan tanah yang memiliki tekstur lunak dan mengandung lebih banyak air. Tanah berlumpur sangat berkualitas untuk pengelolaan pertanian, ada jenis-jenis tanaman yang tidak dapat hidup dalam lingkungan berlumpur. Sehingga digunakan geotextile untuk mengendalikan kadar air dalam tanah dan menjaga sistem drainase.

Geotextile Untuk Drainase

Pengaruh geotextile untuk sistem drainase adalah dimana lapisan tersebut dapat menyaring tanah serta bahan butiran yang berukuran kecil sampai yang besar. Oleh karena itu, geotextile banyak diaplikasikan untuk sistem drainase. Contoh penggunaannya adalah pada bendungan, waduk, pembuatan jalan raya, dan lahan pertanian.