Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2023-02-01
  • PNE Team

Design Tanggul dengan Geobag

Tanggul merupakan salah satu struktur tanah yang dibuat untuk menahan air maupun cairan yang ada di salah satu sisi. Dengan adanya tanggul, maka cairan akan tertahan agar tidak meluap ke area yang tidak diinginkan. Tanggul tidak hanya untuk menahan air, namun seperti lumpur yang berupa cairan. Salah satu contohnya adalah pengunaan pada tanggul pada lumpur Lapindo.

Pembuatan tanggul umumnya menggunakan bentuk berundak, dimana diberikan lapisan berupa bronjong. Selain menggunakan bronjong dapat digunakan produk berupa geosintetik. Produk geosintetik yang bisa digunakan berupa geocell dan geobag. Pada geocell bentuk bisa disesuaikan dengan ketinggian dari geocell dan dengan penggunaan geocell dapat memberikan perkuatan menjadi retaining wall. Untuk penggunaan geobag lebih sederhana karena hanya dengan mengisi geobag dengan pasir maupun tanah dan meletakkan secara bertumpuk. Berikut merupakan design sederhana dari pembuatan tanggul menggunakan geobag:

Gambar 1. Design sederhana konstruksi tanggul dengan geobag

Dari tanggul yang dibuat dengan geobag, tidak hanya membantu untuk memberikan menahan air dan dapat memberikan perkuatan pada tanggul sehingga bagian atas tanggul dapat digunakan sebagai jalan akses. Penggunaan geobag perlu disesuaikan dengan ketinggian tanggul yang dibuat sehingga penumpukan geobag tidak terlalu banyak dan mengurangi waktu instalasi geobag pada area tanggul.

geobag
Gambar 2. Proyek tanggul area kolam menggunakan geobag

Selain penggunaan geobag pada area tanggul yang menggantikan fungsi bronjong. Geobag juga dapat digunakan sebagai tanggul buatan, tanggul buatan tersebut dibentuk secara bersusun untuk membentuk struktur tanggul. Pembuatan dengan model tersebut memiliki kelebihan dimana tidak perlu membentuk tanah yang ada untuk menjadi struktur tanggul. Sehingga dengan geobag yang sudah terisi hanya perlu disusun bertumpuk satu sama lain. Sistem tanggul geobag yang terbuat seperti ini dapat menjadi solusi sebagai dinding penahan saat terjadinya banjir maupun meminimalisir abrasi. Sehingga terdapat area yang tidak tergenang oleh air banjir dan area pasir pantai tidak tergerus. Berikut merupakan sederhana dari tanggul dengan geobag:

geobag
Gambar 3. Tampak samping tanggul susunan geobag
geobag
Gambar 4. Tampak atas tanggul susunan geobag
geobag
Gambar 5. Proyek tanggul area kolam menggunakan geobag

Hubungi kami