• 2024-01-03
  • PNE Team

Geosintetik adalah: Jenis dan Keunggulannya

Kemajuan teknologi saat ini banyak menciptakan inovasi baru, salah satunya penggunaan produk geosintetik di bidang konstruksi. Secara garis besar geosintetik adalah bahan sintetik atau tiruan yang bukan merupakan bahan alami. Meski begitu penggunaannya berkaitan dengan tanah dan batuan.

geosintetik geotextile woven
Geosintetik geotextile woven

Geosintetik sendiri terbuat dari serat sintetis yang disusun dengan cara dianyam ataupun tidak dan sering dimanfaatkan dalam berbagai macam proyek konstruksi. Jenis dari geosintetik ini cukup beragam dengan manfaat dan fungsinya masing-masing. Untuk penjelasan lebih lengkap silakan simak informasi berikut.

Pengertian Geosintetik adalah

Di awal sudah disebutkan mengenai geosintetik yang merupakan material sintetik atau bahan tiruan dan bukan merupakan bahan alami. Geosintetik sendiri terdiri dari dua kata, yaitu “geo” yang diartikan sebagai tanah dan “sintetik” yang artinya bahan tiruan.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa geosintetik merupakan bahan tiruan atau sintetis yang berasal dari industri polimerisasi minyak bumi. Produk bahan tiruan ini memiliki sifat permeabilitas yang memungkinkan aliran mengalir keluar.

Sebagai informasi, produk geosintetik memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting dalam bidang konstruksi, geoteknik, pertanian dan lingkungan. Hal ini tidak terlepas dari jenis-jenis material geosintetik yang cukup beragam sehingga manfaatnya pun cukup bervariasi.

Penggunaan geosintetik (geotextile non woven)
Penggunaan geosintetik (geotextile non woven)

Beberapa fungsi geosintetik antara lain adalah sebagai filtrasi, perkuatan tanah, geosintetik untuk rekayasa jalan raya, perkuatan pondasi, dinding penahan dan lain sebagainya. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir bahan geosintetik banyak digunakan untuk perkerasan tanah dan pekerjaan overlay.

Jika melihat dari fungsinya tersebut maka pekerjaan tanah dan geosintetik adalah dua hal yang saling berhubungan. Karena bahan geosintetik banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi, khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan tanah.

Mengenal Jenis-Jenis Geosintetik

Pada dasarnya produk geosintetik ada banyak jenisnya, namun untuk kebutuhan konstruksi bisa dibedakan dalam dua peran utama. Yaitu peran mekanik yang berkaitan dengan fungsi pekerjaan struktur semacam perkuatan tanah. Peran lainnya adalah hidrolisis yang berhubungan dengan pekerjaan drainase.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis-jenis geosintetik yang perlu diketahui:

Geotekstil

Geotekstil memiliki peran hidrolisis dan mekanik dengan beberapa fungsi penting seperti perkuatan, filtering dan anti kontaminasi. Adapun pengapliasiannya antara lain sebagai separator timbunan tanah lunak, stabilisasi filtering, perkuatan tanah lereng, serta sebagai lapisan kedap pada aspal.

Geomembrane

Geomembrane berperan secara mekanik dan memiliki fungsi sebagai anti kontaminasi. Adapun aplikasi dari produk sintetik ini biasanya digunakan dalam sistem irigasi, jalan raya, penampungan air minum, hingga tanah kembang susut.

Geogrid

Geogrid bermanfaat sebagai perkuatan dan memiliki peran mekanis. Adapun penerapannya sering digunakan dalam perkuatan lereng di area tebing, tanah timbunan, hingga lapisan konstruksi seperti beton dan stabilisasi subgrade.

Geokomposit

Geokomposit banyak dimanfaatkan untuk perkuatan, drainase dan filtering dengan peran hidrolisis mekanis. Jenis geosintetik ini biasanya diaplikasikan untuk mengontrol dan mengendalikan erosi di lereng, tata salir dengan sistem vertikal, horizontal, struktur basement hingga lapisan beton pada aspal.

Keunggulan Produk Geosintetik

Saat ini material geosintetik sudah banyak digunakan untuk pekerjaan konstruksi. Hal itu tidak terlepas dari beberapa keunggulan yang ditawarkan. Adapun keunggulan geosintetik adalah:

  • Sudah diakui secara internasional (ISO, GSI dan ASTM) sebagai material konstruksi.
  • Lebih ekonomis dan menghemat biaya, khususnya jika dibandingkan dengan pengerjaan konstruksi konvensional yang menggunakan beton bertulang dan struktur lainnya.
  • Terbuat dari bahan polimer yang terbukti kuat dan tahan lama karena memiliki ketahanan terhadap cuaca, mikroba dan senyawa kimia.

Geosintetik adalah salah satu inovasi teknologi di bidang konstruksi yang memberikan banyak manfaat. Selain efektif untuk fungsi perkuatan dan filtrasi, jenis material ini juga bisa dijadikan solusi untuk pengendalian erosi. Anda bisa mendapatkan produk geosintetik berkualitas hanya di https://petrane.co.id/

Hubungi kami