• 2023-08-04
  • PNE Team

Apa Itu Geosintetik? dan Apa Saja Jenis-Jenisnya

Geosintetik

Geosintetik adalah jenis material yang biasa digunakan pada proyek konstruksi. Fungsi dari material ini sebagai perkuatan dan perlindungan pada konstruksi agar menjadi lebih kokoh. Material ini adalah bahan yang bukan alami, tetapi geosintetik digunakan pada tanah dan batuan. Geosintetik juga biasa digunakan untuk membuat konstruksi jalanan menjadi lebih stabil.

Bahan dasar geosintetik adalah sintetik atau polimer dengan menggunakan teknologi yang inovatif geosintetik telah dikembangkan untuk mengatasi segala permasalahan terkait dengan tanah pada bidang konstruksi. selanjutnya pada kesempatan ini, kita akan mengulas lebih jauh tentang apa saja jenis geosintetik dan informasi lainnya.

Baca: Geosintetik, Jenis, dan Fungsi pada Ilmu Geoteknik

Fungsi dan Jenis Geosintetik

Geosintetik memang sudah umum digunakan sebagai material pendukung proyek konstruksi. Ada beberapa fungsi geosintetik yang akan dijelaskan pada artikel ini. berikut diantaranya:

Geotextile

Sebagai Separasi

geotextile non woven

Jenis geosintetik geotextile berfungsi sebagai pemisah tanah berbeda. Separator berfungsi membantu mencegah bercampurnya antara tanah yang buruk dengan material granular berkualitas baik.

Geosintetik geotextile bertindak sebagai penghalang untuk migrasi partikel antara dua tanah yang berbeda. Tekni ini digunakan dalam aplikasi seperti pembuatan trotoar jalan, penutup tanah liat, filter bertingkat dan pembuatan tempat pembuangan akhir sampah.

Sebagai Pencegahan erosi

Geosintetik salah satunya dapat bermanfaat dan efektif dalam mencegah erosi terbaik dari bahan geosintetik seperti geotextile. Material ini termasuk dalam teknik perkuatan, dan agar menjaga tanah tetap stabil dan kuat khususnya pada musim penghujan.

Geosintetik memiliki banyak manfaat dan kegunaan dalam pencegahan erosi, itulah sebabnya bahan ini sering digunakan di sebagian besar proyek konstruksi. Terlebih, geosintetik juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkannya melakukan tugas penting tertentu dalam struktur, seperti dinding penahan, kanal, pondasi, dan lain-lain.

Geocomposite

Sebagai Drainase

geocomposite
Geocomposite

Terjadinya erosi salah satnya adalah karena adanya limpasan yang tidak dikelola atau disalurkan dengan tepat. Ketika air tidak ada yang menahan secara efektif dari kedua sisi struktur seperti tanggul, maka debit muka air dapat menghasilkan bentuk tekanan pori. Untuk bisa berhentikan peningkatan tekanan pori, Sebuah lapisan geocomposite cukup untuk mengatasi masalah ini.

Geosintetik dapat memungkinkan sebuah aliran yang dapat memadai di dalam suatu bidang tanpa kehilangan tanah. Dengan begitu proses ini akan mampu menciptakan sebuah keseimbangan antara interaksi tanah dengan material geosintetik.

Baca: Menghemat Waktu Instalasi Dengan Geocomposite

Pada proyek bendungan, waduk, kanal bisa kita temukan dinding penahan tanah, geosintetik biasanya bisa ditemukan pada konstruksi tersebut karena material ini sangat berfungsi pada sistem drainase proyek tersebut.

Sebagai Filtrasi

Masalah pada pengelolaan air memang beragam jenisnya, contohnya adalah erosi. Kerusakan akibat erosi memang sangat cukup sulit untuk teknik perbaikannya maka agar dapat mencegah terjadinya erosi, geosintetik berjenis geocomposite salah satu bahannya terbuat dari lapisan tanah liat, cara pemasangannya dapat ditempatkan pada struktur hidrolik.

Geocell

Sebagai Stabilisasi

geocell
Geocell

Fungsi geosintetik yang lain adalah sebagai stabilisasi. Dalam pembuatan sebuah konstruksi, biasanya material geosintetik akan digunakan sebagai bahan material tambahan. Tujuan dari penggunaan bahan tambahan ini adalah sebagai perbaikan sifat mekanis dari tanah yang akan dibangun suatu konstruksi.

Geocell salah satu jenis geosintetik yang berfungsi sebagai stabilisasi dan meningkatkan daya dukung pada tanah proyek konstruksi. Teknik ini sangat penting karena tanah dasar yang akan digunakan menentukan kelancaran pada pekerjaan konstruksi.

Geomembran

Sebagai Lapis kedap

geomembran
geomembran

Geomembran merupakan salah satu material geosintetik yang memiliki fungsi lapis kedap dan banyak lagi kegunaan lainnya. Seperti pada proyek pembangunan jalan yang menggunakan material ini, karena material geomembran ini bersifat lapis kedap maka penggunaannya akan melindungi badan jalan dari kerusakan akibat cuaca, seperti hujan. kelebihan dari geosintetik ini karena mampu menampung cairan dan gas di samping partikel tanah.

Geosintetik jenis ini juga dapat melindungi tanah dan air yang terkontaminasi, Material geosintetik menawarkan tingkat impermeabilitas yang cukup tinggi. pada sektor pertanian, fasilitas manufaktur, tambang, dan sumber potensial limbah berbahaya lainnya bahan inipun cocok digunakan.

Sebagai Proteksi

Geosintetik berbahan produk plastik dari bahan polimer yang akan membantu melestarikan sumber daya dan melindungi lingkungan sekitar. Tak hanya itu, geosintetik juga bisa dibilang cara paling hemat energi dan hemat biaya dalam membangun sebuah proyek infrastruktur. geosintetik juga adalah pilihan yang baik untuk lingkungan seperti tempat pembuagan akhir sampah karena akan melindungi dari rembesan air limbah sampah yang akan menyerap kedalam tanah.

Hubungi kami