Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2022-08-24
  • Petra Nusa Elshada

Perbedaan Waduk dan Embung

Waduk, dan embung terkadang masih membingungkan bagi kita dengan perbedaannya. jika dilihat dari wujudnya seolah tampak sama. berikut penjelasannya:

waduk geomembran

Waduk adalah danau buatan atau kolam untuk penyimpanan air yang berukuran sangat besar. Waduk digunakan untuk penampung air yang dapat dimanfaatkan sebagai kehidupan manusia untuk mencukupi kebutuhan air minum, irigasi, pembangkit listrik, dan budi daya perikanan. Waduk dibangun dengan cara pembangunan sebuah bendungan atau penggalian tanah dengan menggunakan lapisan dasar Geomembran. Proses pemasangan geomembran dapat dilakukan oleh engineer yang berpengalaman, karena pemasangan Geomembran membutuhkan ketelitian serta pemahaman akan metode yang digunakan untuk kebutuhan waduk.

embung geomembran

Embung adalah kolam yang dibuat untuk menampung air pada saat musim penghujan tiba. Air yang berada pada embung penampungan umumnya dipakai untuk persediaan saat musim kemarau datang. embung juga bisa digunakan sebagai peningkatan kualitas air di sungai atau danau. pembangunan embung saat ini sudah menggunakan bahan lapis Geomembran, yang berguna untuk menampung daya air lebih lama, meski dalam musim kemarau datang, air di embung akan tetap ada.