• 2024-01-16
  • PNE Team

Mengenal Jenis Geobag dan Geobag Installation

Geobag merupakan produk geotekstil yang bentuknya menyerupai karung. Dengan bahan yang berkualitas dan tahan cuaca, geobag sering dijadikan alternatif pengganti batuan dalam upaya perlindungan wilayah pesisir, sungai, dan wilayah yang rentan mengalami erosi. Lantas, bagaimana cara geobag installation?

installation geobag
Installation Geobag

Tentunya diperlukan cara instalasi yang tepat agar fungsi geobag semakin optimal. Pasalnya geobag akan digunakan sebagai penahan dan pemecah gelombang sehingga dampak gerusan bisa diminalisir dengan baik. Untuk mengetahui informasinya secara lengkap, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Geobag

Seperti yang telah disinggung di awal, geobag merupakan sejenis karung yang terbuat dari material geotekstil baik woven maupun non woven. Bahan tersebut terdiri dari komposisi polypropylene (PP) atau PET (polyester). Berdasarkan bahannya, geobag bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

Geobag Woven

Sesuai dengan namanya, jenis geobag ini terbuat dari material geotekstil woven yang proses pembuatannya dengan cara dianyam. Secara fisik, jenis geobag woven memiliki warna hitam dan biasanya diaplikasikan sebagai pemecah gelombang, tanggul sementara, perkuatan lereng dan lain-lain.

Geobag Non Woven

Jenis lainnya adalah geobag non woven yaitu geobag yang terbuat dari material geotekstil namun proses pembuatannya tidak dianyam. Biasanya jenis geobag ini berwarna putih dan banyak diaplikasikan sebagai pencegah abrasi pantai, tanggul sementara, penanganan banjir rob, sungai serta tanah longsor

Geobag Komposit

Jenis geobag berikutnya adalah geobag komposit yang terbuat dari kombinasi bahan geotekstil woven dan non woven. Biasanya jenis geobag ini diaplikasikan dalam konstruksi pembangunan tanggul sungai, bangunan revetment pantai, perbaikan tanggul, tanggul permanen dan lain-lain.

Bagaimana Cara Geobag Installation?

Cara menggunakan dan pemasangan geobag sebenarnya cukup sederhana. Dalam hal ini Anda bisa melakukan pengisian material ke dalam karung geobag tersebut menggunakan cara mekanis atau bahkan secara manual.

Geobag installation
Geobag installation

1.     Pengisian Geobag dengan Material Pasir

Di Indonesia sendiri biasanya geobag diisi dengan material pasir menggunakan alat berupa bucket excavator dengan alat bantu corong. Setiap geobag akan diisi dengan material pasir sampai ukuran tertentu sesuai kapasitan geobag.

2.     Proses Penjahitan Geobag

Setelah proses pengisian material pasir selesai dilakukan, maka prosedur selanjutnya adalah penjahitan agar geobag benar-benar tertutup rapat. Dalam hal ini benang yang digunakan harus berbahan polypropylene atau polyester karena memikiki daya tahan terhadap paparan sinar UV.

Baca Juga: Mengenal Mesin Jahit Geotextile dan Karung

3.     Metode Penempatan Geobag dengan Crane

Prosedur pemasangan atau geobag installation bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini pemasangan geobag bisa menggunakan alat crane yang sudah dilengkapi frame pengangkat. Peletakan geobag harus dilakukan secara hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kerusakan pada material.

Penempatan geobag pada lereng sungai harus mengikuti konfigurasi penumpukan tertentu dan rapat. Hal ini bertujuan agar lapisan tanah di lereng sungai tidak tergerus oleh aliran air sungai.

4.     Metode Pemasangan Geobag sebagai Penutup Gerusan 

Jika penggunaan geobag bertujuan untuk menutup lubang gerusan, maka metode pemasangannya bisa dengan cara dijatuhkan menggunakan split bottom barge atau side stone dumper. Namun sebelum melakukan prosedur tersebut harus dipastikan tidak ada benda tajam di sekitarnya yang bisa merusak geobag.

Baca Juga: Fungsi Serta manfaat Geobag Untuk Perkuatan Lereng

Dengan melalukan prosedur instalasi yang tepat maka geobag bisa berfungsi secara maksimal. Diantaranya sebagai proteksi tepi sungai, pemecah gelombang, perlindungan terhadap abrasi pantai, sebagai tanggul darurat dan berbagai keperluan lainnya.

Geobag installation pada tepian sungai bisa dilakukan dengan metode pemasangan menggunakan crane yang dilengkapi frame pengangkat atau side stone dumper untuk menjatuhkan geobag sebagai penutup gerusan. Untuk pemesanan geobag dengan kualitas terbaik, silakan hubungi https://petrane.co.id/.

Hubungi kami