• 2023-05-19
  • PNE Team

Mesin Butt Fusion HDPE, Fungsi dan Cara Kerja

Mesin Butt Fusion HDPE atau biasa disebut Welding Machine Hdpe Pipe sebuah mesin penyambung pipa yang berbahan HDPE (High Density Polyethylene), alat ini dapat menyatukan dua pipa tersambung menjadi satu dengan hasil yang baik.

butt fusion
Mesin pipa hdpe

Mesin Pipa HDPE ini dapat bekerja dengan cara melelehkan dengan suhu panas yang dapat disesuaikan. mesin ini bukan hanya bisa digunakan sebagai penyambung pipa hdpe saja, tetapi dapat juga digunakan pada pipa fitting hdpe.

Proses Penyambungan Pipa HDPE

Proses penyambungan dengan metode persenyawaan sempurna memang sangat mungkin terjadi dengan bahan Polietilena berdensitas tinggi. dengan terjadinya proses ini kedua bahan tersebut akan menyatu dengan sempurna dan merekat.

Karena bahan thermoplastik mempunyai karakter yang dapat meleleh dengan baik khususnya yang berbahan HDPE. Untuk mendapatkan hasil yang baik saat peyambungan, mesin butt fusion ini dapat digunakan dengan metode pemanasan menggunakan suhu tinggi hingga 220 derajat celcius

Setelah proses penyambungan tersebut dengan mesin butt fusion, pipa hdpe untuk sementara didiamkan agar proses pengerasan lelehan tadi menjadi dingin. Tak hanya itu, proses ini memungkinkan bagian sambungan merekat seperti bagian tubuh pipa pada awal penyambungan.

Dari hasil penyatuan tadi terlihat bentuk pipa saat dibelah, bagian sambungan tidak ada sekat terpisah dari bentuk pipanya dengan demikian, proses penyambungan ini akan membekas lipatan baik di dalam dan luar dinding pipa.

Baca juga: Cara penyambungan geotextile

Metode Penyambungan Pipa HDPE

Metode penyambungan pada pipa hdpe memiliki 3 cara yang dapat dilakukan. pertama dengan metode tanpa menggunakan alat penyambung atau Mechanical joint, yang kedua metode elektro fusion dengan fitting serta alat khusus yang terakhir metode menggunakan Mesin HDPE Butt Fusion joint.

yang akan dibahas pada artikel ini adalah metode yang terakhir yaitu menggunakan mesin hdpe butt fusion joint. karena metode ini sangat praktis dan efisien dalam pengerjaannya

Mengapa dinamakan butt fusion, ini karena metode menyambunganya dengan dimulai dari ujung pipa atau fitting dengan yang lain. Caranya adalah dilakukan dengan memanaskan ujung pipa dua bagian tersebut dengan menggunakan Mesin HDPE, lalu disatukan kembali.

Setelah proses pendinginan selesai ini akan membuat kedua bagian akan menyatu dengan sempurna. hasil ini memiliki kekuatan yang sama pada badan pipa secara keseluruhan. Sehingga menajdi mungkin saluran pipa HDPE bertahan pada usia hingga 50 tahun.

Dipasaran mesin welding machine pipa HDPE atau Mesin HDPE mempunyai dua jenis type berbeda. yang pertama jenis manual dan yang kedua otomatis. Perbedaan dari keduanya adalah ada pada menggerakkan pipa pada saat proses penyambungan antara satu dengan yang lain.

Mesin Pipa HDPE Manual

mesin pipa hdpe manual
Mesin piap hdpe manual

Mesin pipa hdpe manual digunakan sebagai alat penyambung pipa HDPE dengan metode menggunakan daya dorong manual, karena kekuatan mesin ini bergerak tanpa bantuan mesin. Daya dorong ini ada karena aktivitas dari manuasia atau operator itu sendiri dengan cara diputar melalui tuas pada mesin manual agar dapat bergerak maju ataupun mundur pipa hdpe pada saat proses penyerutan, pemanasan dan penyambungan.

Mesin Pipa HDPE Otomatis

Mesin pipa hdpe otomatis adalah mesin penyambungan yang berjalan otomatis, menggunakan tenaga mesin khusus yang memiliki fungsi sebagai pendorong gerak pipa hdpe secara maju dan mundur tanpa harus didorong secara manual. Alat pendorongnya berupa hidrolis yang terpasang pada mesin, biasanya alatnya disebut juga mesin hdpe hidrolis.

dari kedua jenis mesin pipa hdpe ini memiliki spesifikasi khusus sesuai kegunaan dan kebutuhan yang dengan ukuran diameter tertentu. Untuk ukuran dan spesifikasinya tersedia dalam beberapa seri yaitu mesin ukuran 2 inch hingga 6 inch dan seterusnya.

Hubungi kami