• 2021-09-30
  • Petra Nusa Elshada

PART 2: Tantangan Dan Solusi Kerutan Pada Geomembran

Kerutan pada geomembrane umum terjadi ketika memasang geomembrane. Kerutan kecil dapat menyebabkan crack saat dibawah tekanan. Hal simple ini apabila ditoleransi berpotensi menyebabkan jumlah biaya yang timbul akibat kerusakan pada geomembrane.

Apa yang menyebabkan terjadi kerutan pada geomembrane?

Geomembran mengkerut karena terperangkapnya udara pada geomembran saat instalasi. Awalnya geomembrane akan terlihat datar. Tetapi, udara yang terperangkap akan memuai ketika terkena panas di bawah matahari dan menyebabkan terbentuknya kerutan.

Alasan lain adalah geomembrane yang datang dari pabrik sudah terlipat kecil akibat proses produksi yang kurang sempurna. Hal ini akan berimbas pada kerutan besar pada saat instalasi.

Apa yang dapat dilakukan ketika kerutan terbentuk?

Tidak ad acara mudah atau murah untuk menghilangkan kerutan ketika sudah terbentuk. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memotong dan melakukan pengelasan ulang pada panel . Installer atau pekerja tidak diperbolehkan untuk meletakkan beban di atasnya. Ini hanya akan menyebabkan kerutan akan crack (rusak)

Kualitas merupakan faktor utama

Jadi, bagaimana cara mencegah kerutan ? kunci utama dengan pemilihan geomembrane yang baik dengan hasil produksi konsisten tanpa lipatan atau cekungan. Geomembran yang datar tanpa cekungan akan sangat mengurangi potensi kerutan di lapangan. Bahkan mesin dan operator instalasi terbaik tidak dapat mencegah produksi geomembrane yang buruk dari kerutan.

Memahami detail mengenai geomembrane

Langkah terbaik untuk memahami kualitas geomembrane dengan mengetahui asal pabrik geomembrane. Hal detail tentang produksi geomembrane membuat perbedaan signifikan ketika dilakukan pemasangan geomembrane. Sebagai contoh, geomembrane yang diproduksi tanpa bentuk melengkung akan mengurangi potensi kerutan dibandingkan dengan bentuk melengkung. Bentuk melengkung tergantung dari proses keselarasan dan waktu rolling geomebran saat di pabrik.

Hal tambahan yang dapat dicegah

  1. Unreinforced Geomembran- Kerutan yang terbentuk bergantung pada properties geomembrane. Geomembran yang tidak sesuai GRI GM13 akan kurang stabil dan berpotensi terbentuk kerutan
  2. Kondisi lingkungan di lapangan- Instalasi waktu geomembrane akan membantu mencegah terjadinya kerutan seperti pemasangan pada saat termperatur dingin ( malam atau siang hari).
  3. Temperature- Temperatur saat fabrikasi dan penggelaran geomembrane akan menyebabkan pemuaian termal. Hal ini harus diantisipasi

HINDARI KERUTAN

Pada akhirnya, langkah yang paling baik dapat dilakukan untuk menghindari kerutan dengan kualitas geomembran yang tahan lama dengan pemilihan manufaktur dan installer yang sudah memiliki banyak pengalaman dan tersertifikasi.