• 2023-04-14
  • PNE Team

Pemilihan Geosintetik untuk Proteksi Lereng

Dalam sebuah konstruksi geoteknik sangat umum ditemukan adanya sebuah lereng. Konstruksi lereng yang ada perlu dilakukan perkuatan maupun perlindungan. Hal ini dikarenakan dalam konstruksi lereng, adanya kemungkinan atau sebuah resiko terjadi longsor karena proses erosi pada lereng. Untuk mencegah terjadinya longsor dan mengurangi proses erosi pada lereng, dapat menggunakan produk geosintetik untuk perkuatan maupun perlindungan pada permukaan lereng.

Table of Contents

geosintetik proteksi lereng

Pada kali ini kita akan membahas produk geosintetik yang dapat digunakan pada lereng untuk menjadi sistem perlindungan. Geosintetik yang dapat digunakan pada perlindungan lereng terdapat 2 macam, yaitu Geomat dan Geocell. Kedua produk geosintetik ini dapat menjadi sebuah solusi untuk melakukan perlindungan pada permukaan lereng dan membantu sistem vegetasi pada area lereng.

geomat geocell
Geomat (kiri) & Geocell (kanan)

Geomat

Geomat merupakan sebuah produk geosintetik yang terbuat dari material polimer berupa High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP). Geomat memiliki beragam spesisfikasi sesuai dengan layering yang ada pada area lereng. Geomat tersedia dari: 2 layer, 3 layer, 4 layer, dan 5 layer. Layer utama pada geomat merupakan HDPE dimana memberikan fungsi, sebagai berikut:

  1. Memberikan proteksi dari sinar UV
  2. Memberikan ketahanan kimia yang baik
  3. Memberikan friksi tambahan pada area
  4. Memberikan bantuan mengikat vegetasi

Layer sekunder pada geomat merupakan PP, dimana memberikan perkuatan pada geomat sendiri.

cocomesh geomat
Cocomesh (kiri) & Wiremesh Geomat (kanan)
tabel geomat
tabel penggunaan geomat sesuai dengan tipenya

Geocell

Geocell merupakan sebuah produk geosintetik yang terbuat dari material polimer berupa High Density Polyethylene (HDPE). Geocell memiliki beragam spesisfikasi sesuai dengan kebutuhan pada area jalan maupun lereng. Geocell tersedia dengan ketinggian: 7,5 cm, 10 cm, 15 cm, dan 20 cm. Geocell pada proyek lereng berguna memberikan fungsi, sebagai berikut:

  1. Memberikan kekangan pada tanah timbunan lereng
  2. Memberikan ketahanan kimia yang baik
  3. Memberikan friksi tambahan pada area
  4. Memberikan bantuan media tanam
geocell
Geocell
tabel geocell
tabel penggunaan geocell sesuai dengan tipenya

Lalu perlindungan lereng dapat menggunakan geosintetik apa? Tentunya kedua jenis geosintetik (geomat & geocell) memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Pada umumnya pada penggunaan geomat berfokus hanya untuk membantu proses pertumbuhan vegetasi. Sehingga fokus utama perlindungan lereng dengan geomat ada pada pertumbuhan akar vegetasi dan mencegah vegetasi awal mengalami erosi. Pada geocell penggunaan utamanya adalah melakukan pengekangan material untuk lereng. Sehingga sangat meminimalisir terjadinya erosi maupun longsor karena terkekang oleh tiap sel pada geocell.

geomat geocell
Geomat pada lereng (kiri) & Geocell pada lereng (kanan)

PT. Petra Nusa Elshada menyediakan geomat terbuat dari material serabut kelapa, polimer, dan wiremesh. Geomat PT. Petra Nusa Elshada memiliki 2 jenis yaitu lokal (TKDN) dan impor (non-TKDN). Produk geomat yang tersedia telah sesuai dengan standar ASTM.

Tak lupa, PT. Petra Nusa Elshada juga menyediakan geocell terbuat dari material HDPE. Geocell PT. Petra Nusa Elshada memiliki 2 jenis yaitu lokal (TKDN) dan impor (non-TKDN). Produk geocell yang tersedia telah sesuai dengan standar GRI dan standar ASTM.

Untuk menentukan penggunaan geomat dan geocell yang tepat sesuai dengan project anda, silahkan menghubungi kami pada link berikut:

Hubungi kami