• 2024-02-26
  • PNE Team

Pengertian Geotextile, Fungsi dan Jenisnya

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia konstruksi pasti sudah sangat familiar dengan istilah geotextile. Salah satu jenis produk geosintetik ini sering dimanfaatkan untuk kebutuhan konstruksi karena memiliki fungsi yang cukup penting seperti separasi, filtrasi dan reinforcement.

geotextile woven dan non woven
Geotextile woven dan non woven

Material ini sering dijadikan pilihan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan konstruksi karena praktis, efektif, tahan lama dan ekonomis. Tentunya ada banyak keunggulan yang pada produk geotekstil. Untuk lebih mengenal jenis dan fungsinya, Anda bisa simak penjelasan berikut.

Geotextile adalah

Pada awalnya sekitar tahun 1953, material geotekstil sengaja dirancang secara khusus untuk melindungi wilayah daratan dari potensi banjir. Belanda menjadi salah satu negara yang secara konsisten memanfaatkan material geotekstil untuk mengantisipasi banjir.

geotextile woven
Geotextile woven

Pada tahun 1960-an geotekstil mulai diproduksi secara massal dan sampai saat ini dikenal sebagai material yang banyak digunakan untuk konstruksi. Seperti yang sudah disinggung di awal, geotekstil merupakan jenis geosintetik yang menyerupai kain atau bahan tekstil.

Material pelapis ini terdiri dari susunan benang sintetis yang proses pembuatannya dengan cara dianyam dan tanpa dianyam. Dengan demikian material geotekstil bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu geotekstil woven dan geotekstil non woven.

Fungsi Material Geotextile

Geotekstil memiliki fungsi yang cukup beragam dan berperan penting dalam mendukung konstruksi maupun pekerjaan teknik sipil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi geotekstil yang perlu diketahui:

1.     Filtrasi

Dengan mengandalkan sifat permeabilitas yang cukup tinggi, geotekstil mampu mengalirkan cairan melalui material tersebut. Nantinya air yang mengalir akan tersaring tanpa harus menggunakan media tanah sehingga air akan tersaring, sementara partikel tanah akan tetap tertinggal dan tidak ikut mengalir.

2.     Separator

Fungsi lainnya adalah sebagai separator atau pemisah yang secara efektif akan mencegah terjadinya percampuran tanah yang lunak dengan jenis tanah perkerasan di atasnya. Fungsi ini bisa dilihat pada pembangunan jalan di atas tanah dasar lunak yang cenderung mengalami pergerakan.

Dengan adanya material geotekstil maka kenaikan tanah lunak ke permukaan bisa dicegah sehingga tidak akan bercampur dengan jenis tanah perkerasan.

3.     Stabilisator

Geotekstil juga berfungsi sebagai stabilisator yang masih berkaitan dengan fungsi sebelumnya. Dengan gaya tarik material yang cukup kuat, maka beban yang berada di atas bisa disalurkan secara merata. Kondisi ini akan meningkatkan kekuatan tanah pada saat proses pengurugan dilakukan.

Jenis Geotextile

Setidaknya ada dua jenis geotekstil yang dikenal dalam dunia konstruksi, yaitu woven dan non woven. Di bawah ini penjelasannya:

●        Woven Geotextile

Yang disebut dengan geotekstil woven adalah material kain sintetis berbahan polypropylene polymer atau PP. Ada pula yang menggunakan bahan polyester atau PET. Bentuknya sendiri berupa lembaran yang ditenun. Material ini tahan terhadap sinar UV dan memiliki kekuatan tarik yang tinggi sesuai standar ASTM.

Geotextile woven

Fungsi dari geotekstil woven antara lain adalah untuk perkuatan sehingga efektif untuk melindungi lereng dan tepian dari erosi atau longsor. Material ini juga bisa berfungsi sebagai filter yang memungkinkan air mengalir tanpa adanya hambatan.

●        Non Woven Geotextile

Jenis material ini dikenal juga dengan nama filter fabric. Bentuknya berupa lembaran namun proses pembuatannya tidak dianyam melainkan dengan teknik needle punch serta dipanaskan. Untuk bahan pembuatan relatif sama, yaitu menggunakan PP dan PET.

geotextile non woven
Geotextile non woven

Fungsi geotekstil non woven adalah sebagai separator atau pemisah yang akan membuat dua jenis material tidak tercampur. Jenis geotekstil ini juga sering digunakan untuk filter pada sistem drainase karena memiliki permeabilitas yang cukup tinggi.

Geotextile merupakan material geosintetik yang banyak dimanfaatkan untuk fungsi perkuatan tanah sehingga memberikan perlindungan terhadap erosi, fungsi lainnya adalah filtrasi dan separasi. Anda bisa mendapatkan produk geotekstil berkualitas untuk kebutuhan konstruksi hanya di https://petrane.co.id/.

Hubungi kami