• 2022-11-16
  • PNE Team

Pipa HDPE: Keunggulan, Jenis dan Harga Terlengkap

Pipa HDPE adalah sejenis pipa yang memiliki ciri khusus berwarna  hitam dengan garis warna biru. dengan melihat tampilan seperti itu bisa dipastikan kalau pipa tersebut berjenis HDPE dan banyak digunakan untuk distribusi air.

Dalam memilih pipa untuk kebutuhan air bersih dengan tekanan yang kuat, pipa ini sangat cocok digunakan dan sangat direkomendasikan. Selain memiliki tingkat fleksibilitas tinggi, pipa ini juga cocok untuk daerah berkontur sulit.

Keunggulan Pipa HDPE

Pipa HDPE mempunyai beberapa keunggulan karena telah menjadi salah satu pilihan sebagai jaringan induk pipa air bersih, yang berada pada di daerah pegunungan dengan kontur tanah bebatuan yang curam.

pipa hdpe
pipa hdpe

Pipa HDPE juga menjadi solusi masalah perpipaan untuk daerah yang rawan gempa, longsor dan tanah yang labil karena kekuatan sambungan yang baik, maka pipa HDPE sangat aman dipakai pada kondisi daerah tersebut.

Baca Juga: Cara Instalasi Geopipe / Corrugated Pipe

Penggunaan pipa HDPE saat ini sudah banyak digunakan, terutama oleh Perusahaan Daerah Air Minum. PDAM telah memilih pipa HDPE dikarenakan memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan pipa PVC (polyvynil chloride) biasa.

instalasi pipa hdpe

HDPE merupakan singkatan dari High Density Polyethylene jenis plastik yang berkarakteristik fleksibel dan tahan benturan, ini merupakan umum digunakan sebagai bahan dasar dari pipa.

Warna Khas pipa HDPE adalaha warna hitam dengan empat strip biru sepanjang badan pipa yang sering digunakan sebagai jaringan induk air bersih. berfungsi untuk distribusi air rumah tinggal atau bangunan- bangunan lainnya. HDPE adalah bahan plastik yang non toxic serta aman digunakan untuk air konsumsi karena tidak akan mencemari air bersih yang mengalir di dalamnya dan anti karat.

Jenis Pipa HDPE

Corrugated pipe HDPE

corrugated pipe hdpe
corrugated pipe hdpe

Pipa Corrugated terbuat dari bahan dasar High Density Polyethylene (HDPE) memiliki bentuk bergelombang (corrugated), pada bagian dinding pipa yang mempunyai lapis dua. permukaan dalam yang halus dan juga rata, dinding luar yang bergelombang memiliki fungsi sebagai penahan beban tekan dari luar. Jenis ini tersedia mulai dari diameter 300 mm hingga 2000 mm.

Pressure Pipe HDPE

pressure pipe hdpe
pressure pipe hdpe

Jenis pipa ini dibuat dari bahan HDPE yang memiliki keunggulan anti korosi dengan kekuatan tinggi. Ukuran pipa ini tersedia dalam ukuran diameter mulai 63 mm sampai 1200 mm dengan mempunyai kekuatan tekanan mulai dari 6.3 bar (PN 6.3) hingga 16 bar (PN 16).

Baca Juga: Jenis dan Fungsi Geopipe

Material ini juga tersedia dalam batangan dan roll, ini akan mempermudah dalam proses pengiriman pada cusotmer dan juga mudah pada proses instalasi. Pipa jenis ini biasa digunakan untuk Perusahaan Air Minum, Pipa air limbah dan juga pipa gas.

Pipa Spiral HDPE

pipa spiral hdpe
Pipa spiral HDPE

Jenis pipa ini memiliki bahan dasar High Density Polyethylene (HDPE) mmepunyai dinding berprofil. pada bagian dinding luarnya membentuk spiral yang terbuat dari bahan Polypropylene (PP). bahan polypropylene ini memiliki elastisitas dan juga ketahanan temperature panas yang tinggi jika dibandingkan dengan polyethylene. Untuk tinggkat ketahanannya sudah dipastikan kuat akan tekanan dari luar.

Pipa Spiral HDPE mengandung kawat fusi listrik sehingga dalam proses penyambungannya bisa menggunakan electrofusion. Keuntungan dariĀ  penyambungan dengan menggunakan metode ini yaitu hasil sambungan antar pipa memiliki kualitas tinggi sehingga sangat aman dari kebocoran. Jenis pipa ini dapat tersedia mulai dari diameter 300 mm sampai dengan 4000 mm.

Harga Pipa HDPE

PT. Petra Nusa Elshada adalah distributor resmi Pipa HDPE untuk seluruh indonesia, kami menjual Pipa HDPE seperti Geopipe, HDPE Corrugated Pipe, HDPE Spiral Pipe, dan HDPE Pressure Pipe dengan harga terlengkap dan terbaik. silahkan hubungi kami mengenai pengadaan dan pemasangan Pipa HDPE untuk kebutuhan anda

Hubungi kami