• 2023-04-17
  • PNE Team

Woven Geotextile, Fungsi dan Aplikasinya

Woven Geotextile

Woven Geotextile adalah material geotextile yang dibuat dengan cara ditenun menggunakan mesin berteknologi terkini. Jenis ini merupakan barang tenun permeabel yang dapat digunakan pada material tanah.

Geosintetik geotextile mempunyai kemampuan agar memperkuat, melindungi, menyaring, hingga memisahkan. bahan dasar geotextile yang dijual pasaran saat ini terbuat dari polypropylene atau polyester. Woven geotextile adalah salah satu jenisnya. Ada juga jenis material non woven atau punch needle.

Bahan ini adalah bahan yang bisa dibilang awet serta tahan lama dan mampu mereduksi kemungkinan longsor atau rusaknya tanah. Geotextile jika dikelompokan bisa masuk dalam kategori geosintetik yang mampu memberikan manfaat pada struktur rekayasa geoteknik.

geotextile woven

Maksud dari Woven sendiri yang berarti tenun. Woven Geotextile dibuat dengan cara menjalin dua atau lebih benang dengan sudut siku-siku yang tererjalin satu sama lain. Jenis bahan tenun yang biasa kita lihat pada umumnya terbuat dari bahan serat alami atau campuran, tetapi woven geotextile terbuat dari serat sintetis (polypropylene atau polyester).

Fungsi Woven Geotextile

Woven Geotextile memiliki fungsi adalah untuk filtrasi atau penyaringan. Dimana filtrasi adalah suatu proses untuk mengimbangi lapisan tanah agar aliran air dapat melintas dengan baik. filtrasi sangat penting untuk konstruksi salah satunya pembuatan jalan karena jumlah partikel tanah yang terbawa oleh air harus seminimal mungkin.

Ilustrasinya serprti berikut, Jika air dapat menembus lapisan penyaring tetapi terlalu banyak membawa partikel, maka proses tersebut akan menimbulkan kerusakan lapisan tanah. oleh sebab itu, geotextile sangat berperan dalam penyaringan yang dapat ditembus oleh air.

Geotextile adalah solusi terbaik untuk masalah geoteknik. Karena sifatnya yang permeabel dapat ditembus air serta mampu menahan keluarnya partikel tanah. Penggunaan geotextile sebagai filtrasi, dapat menggunakan jenis woven atau non-woven geotextile.

Aplikasi geotextile

Geotextile memang dikenal dapat menahan beban yang tinggi, material ini juga banyak digunakan untuk proyek pengendalian erosi permanen. penggunaan woven geotextile akan membuat lapisan tanah menjadi kokoh atau kuat menjadikan tanah tidak mudah tergerus oleh air.

material ini juga mempunyai fungsi perkuatan atau reinforcement. Untuk proyek yang sudah berhasil digunakan adalah stabilisasi. Pembuatan jalan raya salah satu proyek stabilisasi dengan menggunakan geotextile lainya adalah rell kereta api.

Perkuatan lereng salah satu contoh lain yang memanfaatkan fungsi perkuatan dari woven geotextile. Lapisan tanah pada lereng bisa menjadi lebih stabil jika menggunakan geotextile sehingga terhindar dari risiko terjadinya longsor. Fungsi reinforcement juga telah diaplikasikan pada proyek pembuatan dinding penahan tanggul.

Pada Bagian Permukaan material ini memiliki pori-pori kecil yang cukup rapat membuat material ini berfungsi sebagai separasi atau pemisahan. Material tenun ini dapat dipakai untuk proyek konstruksi yang membutuhkan separasi seperti pada pembuatan jalan. Fungsinya adalah agar lapisan tanah dasar tidak tercampur dengan agregat.

Hubungi kami