• 2023-03-29
  • PNE Team

Apa itu Geopipe/HDPE Corrugated Pipe?

Apa itu Geopipe/HDPE Corrugated Pipe?

HDPE Corrugated Pipe atau dikenal dengan geopipe adalah jenis pipa dengan struktur berliuk/korugasi yang terbuat dari bahan polyethylene dengan kepadatan tinggi (high density). Jenis pipa ini biasa digunakan untuk sistem drainase, sistem resapan ataupun saluran air.

Struktur berliuk/corrugated membuat pipa ini sangat fleksibel dan tahan terhadap tekanan dari tanah ataupun kendaraan yang melintas di atasnya. Selain itu, jenis HDPE dipilih karena material ini tahan terhadap senyawa kimia dan korosi sehingga pasti lebih awet dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

hdpe corrugated pipe

HDPE Corrugated pipe juga dapat dipasang dengan mudah dan relative ringan, sehingga  biaya instalasi relative lebih murah dibandingkan jenis pipa lainnya.

hdpe corrugated pipe
hdpe corrugated pipe

Apa Kegunaan HDPE Corrugated Pipe?

HDPE Corrugated pipe banyak digunakan untuk aplikasi drainase dengan sistem gravitasi seperti aplikasi resapan , saluran limbah/air lindi, saluran air hujan, ataupun saluran control pembuangan.

1. Aplikasi resapan

HDPE corrugated pipe dapat dibuat dengan perforated/berlubang banyak. Sistem ini digunakan untuk menampung air hujan yang jatuh di atas permukaan tanah dan menyimpannya di dalam tanah tanpa mengakibatkan genangan air yang bisa menyebabkan banjir.

Sistem resapan ini sangat efektif dalam mengatasi banjir akibat kurangnya resapan air di permukaan tanah. Selain itu, material ini juga sangat ramah lingkungan. Aplikasi resapan banyak digunakan untuk lapangan golf, lapangan bola, perumahan, ataupun sector agrikultur.

hdpe corrugated pipe

2.  Aplikasi saluran limbah/air lindi

HDPE Corrugated pipe juga banyak digunakan untuk sistem pengumpul air lindi loh. Serangkaian pipa dirancang untuk mengalirkan air dan cairan lindi dengan aman dari satu tempat dan tempat lainnya, terutama pada lokasi yang membutuhkan pelepasan limbah. Aplikasi ini banyak ditemukan di pemrosesan TPA (tempat pembuangan akhir)

Oh ya, selain untuk saluran air lindi, pipa ini juga dapat digunakan untuk proses heap leach.  Serangkaian pipa digunakan untuk transportasi cairan berharga yang mengandung mineral nikel, emas, tembaga. Pipa jenis ini sangat cocok karena biasanya proses heap leach menggunakan senyawa asam kuat seperti HCL dan H2SO4. Dari hasil uji, material HDPE ini tergolong cukup kuat untuk terpapar PH dari 1,5 -14.

hdpe corrugated pipe

3. Aplikasi saluran air hujan

Nah, Corrugated HDPE dapat digunakan untuk saluran pembuangan air hujan pada jalan raya ataupun area pertambangan. Dalam hal ini, material ini berfungsi mengalirkan air hujan dari permukaan tanah ke sumber air untuk mencegah banjir. Menggantikan gorong-gorong beton, material ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya, usia pakai yang  lebih lama dan cukup kuat untuk dilintas kendaraan heavy duty.

4. Saluran Kontrol Pembuangan

Pipa HDPE Corrugated dapat digunakan sebagai saluran kontrol apabila dikombinasikan dengan flap gate HDPE. Flap gate HDPE dapat membuka dan menutup secara otomatis ketika aliran air sedang mengalir. Dengan adanya flap gate HDPE , air dapat mengalir keluar dari sistem draianse dan mencegah masuknya air ke dalam sistem saat kondisi banjir. Sistem ini sangat berguna terutama untuk aplikasi drainase yang dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Berapa lama ketahanan HDPE Corrugated pipe?

Ketahanan HDPE Corrugated pipe sangat bervariasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti lingkungan dan aplikasi dari penggunaan pipa tersebut. Namun, secara umum, HDPE corrugated pipe punya umur mencapai 50 tahun atau lebih dengan pemeliharaan yang tepat.

Seberapa Kuat HDPE Corrugated Pipe?

Pipa Corrugated HDPE sangat kuat terhadap tekanan dari luar. Profil korugasi dibuat agar pipa ini cukup kaku ketika menerima tekanan. Kekuatan pipa sangat bergantung dari stiffness Ring (SN) dari pipa tersebut

Secara rule of thumb, batas defleksi HDPE Corrugated pipe di range 5%-10% 

hdpe corrugated pipe

Catatan: Tabel di atas hanya sebagai referensi.  Sebelum menentukan spesifikasi yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan design engineer.

Baca ini juga

Tinggi Timbunan Pada Pipa Corrugated HDPE | Gorong-gorong (petrane.co.id)

Tipe HDPE Corrugated Pipe/Geopipe

Di pasar Indonesia, ada 3 tipe geopipe

1. Single Wall HDPE Corrugated (SWC)

Pipa Single Wall Corrugated merupakan jenis pipa yang sangat ringan dan cukup murah. Pipa ini memiliki satu lapis dinding dan biasanya digunakan untuk sistem drainase perumahan, ataupun resapan lapangan bola. Jenis pipa ini juga bisa digunakan untuk conduit kabel.

hdpe corrugated pipe

2. Double Wall HDPE Corrugated (DWC)

Jenis pipa ini terdiri dari 2 lapis HDPE material dengan struktur corrugated. pipa ini lebih kuat daripada single wall. Jenis pipa ini biasanya digunakan untuk sistem drainase industri .

hdpe corrugated pipe

3. Pipa Spiral HDPE

Pipa spiral HDPE didesain untuk infrastruktur bawah tanah seperti sistem drainase air hujan. Material ini juga dapat digunakan sebagai pengganti gorong-gorong beton, sebab material ini tahan terhadap korosi, retak dan abrasi. Keunggulan lain dari material ini terletak pada fleksibel, ringan dan bisa custom sesuai kebutuhan proyek.

hdpe corrugated pipe

Cara Penyambungan Corrugated HDPE Pipe

Untuk penyambungan corrugated HDPE Pipe dapat dilakukan dengan beberapa cara :

  1. Socket & Rubber Ring ( Double Wall Corrugated dan Single Wall Corrugated)
  2. Overlap pipa dengan koneksi pipa corrugated (Single Wall Corrugated)
  3. Electrofusion ( Pipa Spiral)

Simak ulasan berikut

Cara Penyambungan Pipa Corrugated HDPE | Harga Jual Terbaru (petrane.co.id)

Aksesoris Corrugated HDPE Pipe

Dalam membuat sistem jaringan pipa corrugated dibutuhkan beberapa aksesoris pendukung. Berikut aksesoris/fitting material pendukungnya:

1. Elbow HDPE corrugated

elbow hdpe corrugated

2. Tee HDPE Corrugated

tee hdpe corrugated

3. Socket HDPE Corrugated

socket HDPE corrugated

4.End Cap HDPE Corrugated

end cap hdpe corrugated

5. Cross Joint HDPE Corrugated

cross joint hdpe corrugated

6. Flap Gate HDPE Corrugated

flat gate hdpe corrugated

7. Rubber Ring

rubber ring

Hubungi kami