• 2022-07-19
  • PNE Team

Tinggi Timbunan Pada Pipa Corrugated HDPE

Pipa Corrugated HDPE menjadi ekonomis dibandingkan pipa corrugated berbahan besi ataupun beton pada aplikasi gorong-gorong. Kekuatan dalam menahan beban timbunan dapat dinalaisis dengan menggunakan soil-structure interaction (SSI) sehingga tinggi timbunan maximum dapat ditentukan dengan mempertimbangkan ukuran pipa, geometri corrugated, kualitas timbunan, dan masa layan.

Baca Juga

Geopipe

Ukuran pipa dalam penelitian merupakan pipa standard 4 inch, 6 inch, 8 inch, 10 inch, 12 inch, 15 inch, 18 inch, 24 inch dan 30 inch. Untuk setiap ukuran pipa, dapat dikombinasikan dengan corrugated area, kualitas timbunan, dan masa layan. Kombinasi ini dapat diinput dalam software CANDE (l). Hasil dalam analisis harus memenuhi standard AASHTO. Ketinggian timbunan rencana dapat dituangkan dalam table berikut (After Katona).

Symbol S merupakan design pipa untuk jangka pendek (sementara) sementara Symbol L merupakan design pipa untuk jangka panjang ( sustainable) untuk design rencana 50 tahun.

Pemilihan fair and good quality soil dapat ditentukan dari soil model Duncan, Silty clayey sand dengan 85% kompaksi tergolong fair sementara silty clayey sand dengan 100% kompaksi tergolong good. Parameter Duncan ini dapat dilihat dalam tabel berikut.

Perlu dicatat, tabel penentuan ketinggian maksimum (After Katona) di atas berlaku apabila density dari tanah timbunan berupa S= 18,85 kN/m3. Apabila actual density tanah timbunan S*, maka tinggi timbunan H* dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut:

Untuk design rencana antara 0,05 tahun dan 50 tahun, penentuan ketinggian rencana dapat ditentukan dengan rumus berikut

dimana

HI merupakan tinggi timbunan untuk long term ( 50 years)

t merupakan waktu rencana (dalam tahun)

m merupakan eksponen

Hs merupakan tinggi timbunan rencana untuk short term (0,05 years)

Ht merupakan tinggi timbunan pada tahun tertentu

Contoh kasus:

Pipa ID 600 memiliki corrugated area sebesar 7,6 mm2/m dan didesain untuk masa layan 50 tahun . Material ini ditimbun dalam well graded silty sand dengan 85% compaction. Density dari material timbunan ini sebesar 20,42 kN/m3. Tentukan maksimum allowable :

Solusi:

Dari tabel korelasi , tanah berjenis SM -85% kompasi dapat ditentukan r=0,5.

Menggunakan tabel (After Katona) dapat ditentukan sbb:
Hf= 4,6 m ( kondisi fair soil and long term)
Hg= 9,6 m ( kondisi good soil and long term)

Tinggi timbunan rencana untuk r=0,5 dapat ditentukan 7,1 m

Untuk density 20,42 kN/m3 , faktor koreksi tinggi timbunan rencana ditentukan 6,5 m (untuk design rencana 50 tahun)

Hubungi kami