• 2022-11-03
  • Petra Nusa Elshada

Pengaruh Geotextile Non Woven terhadap Likuifaksi

Likuifaksi merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi ketika terjadi gempa bumi. Hal ini terjadi dikarenakan area tersebut berada pada lapisan tanah lunak dan telah tersaturasi maupun terintrusi oleh air. Hal ini menyebabkan daya dukung tanah berkurang sehingga dapat terjadi likuifaksi.

Solusi yang dapat diberikan dalam mengatasi likuifaksi adalah menggunakan produk geosintetik. Geotextile non woven tidak hanya digunakan sebagai filtrasi, namun juga karena ada fungsi absorbs dapat membantu untuk menyerap cairan sehingga cairan tidak mengendap pada tanah.

inklusi geotextile non woven
Gambar 5.1 (A) Perkuatan tanah dengan satu inklusi geotextile non-woven (B) Perkuatan tanah dengan dua inklusi geotextile non-woven

Dari hasil simulasi gempa bumi menggunakan mesin cyclic triaxial, diketahui bahwa perkuatan dengan geotextile non-woven dua inklusi lebih baik dibandingkan ketika menggunakan satu inklusi. Sedangkan penggunaan satu inklusi jauh lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan geotextile non-woven sama sekali.

stress ratio
Gambar 5.2 Nilai cycle pada setiap stress ratio

Hubungi kami