Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2022-07-27
  • Petra Nusa Elshada

Kegunaan Geogrid

Geogrid digunakan dalam sistem perkerasan dapat melakukan dua fungsi yaitu sebagai pemisahan dan perkuatan. Karena ukuran aperture besar yang terkait dengan sebagian besar produk geogrid, Kemampuan geogrid untuk memisahkan dua bahan adalah fungsi dari gradasi material dan umumnya di luar spesifikasi perkerasan tipikal bahan.

geogrid perkuatan

Namun, geogrid secara teoritis dapat memberikan beberapa ukuran pemisahan, meskipun terbatas. Untuk alasan ini, pemisahan adalah fungsi sekunder dari geogrid yang digunakan di perkerasan. Itu Fungsi utama geogrid yang digunakan pada perkerasan jalan adalah perkuatan, dimana geogrid secara mekanis meningkatkan sifat rekayasa sistem perkerasan.

Baca Juga

Geogrid

Tiga kegunaan utama geogrid dalam sistem perkerasan adalah untuk (a) berfungsi sebagai konstruksi bantuan di atas tanah dasar lunak, (b) meningkatkan atau memperpanjang umur dukungan perkerasan yang diproyeksikan, dan (c) mengurangi penampang struktural untuk masa pakai tertentu. Geogrid telah berhasil digunakan untuk menyediakan platform konstruksi di atas tanah dasar lunak.

geogrid separtor

geogrid meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan pemadatan pada agregat di atasnya, sekaligus mengurangi jumlah material yang harus dipindahkan dan diganti. Banyak program penelitian telah juga melaporkan hasil yang mendokumentasikan masa pakai yang diperpanjang untuk bagian perkerasan dengan geogrid dibandingkan dengan bagian serupa tanpa geogrid. Akhirnya, penelitian telah menunjukkan bahwa ketebalan lapisan dasar yang dibutuhkan untuk desain yang diberikan dapat dikurangi ketika geogrid disertakan dalam desain (referensi yang sama). Ada kesepakatan relatif bahwa manfaat substansial dapat dicapai dari dimasukkannya geogrid dalam sistem perkerasan.