• 2022-04-07
  • Petra Nusa Elshada

Ketahanan Suhu Panas Extreme pada Geomembrane

Paparan suhu yang sangat tinggi dalam waktu lama dapat membuat liner melemah dengan cepat. Tapi liner suhu tinggi khusus dapat membantu mengatasi masalah ini.

Biasanya suhu yang tinggi dalam waktu yang lama bisa membuat liner melemah dengan cepat, paparan suhu itu di atas 140°F (60°C) dapat menyebabkan liner rusak.

Baca Juga

Perbedaan Geotextile dengan Geomembrane

Produsen geosintetik mengembangkan pelapis khusus yang terbuat dari resin bersuhu tinggi yang dapat menahan hampir dua kali lipat suhu ini (60°C), dengan menggabungkan resin bersuhu tinggi, formula karbon hitam, stabilisator UV, dan antioksida akan menjadikan lapisan yang tahan terhadap efek suhu ekstrem.

Geomembrane dapat mempertahankan sifat fisiknya dalam aplikasi dengan suhu tinggi yang berkelanjutan hingga 203°F (95°C). dalam uji laboratorium hasilnya menujukan peningkatan kekuatan tarik dan ketahanan terhadap retak tegangan, tusukan dan oksidasi pada suhu tinggi, sehingga cocok untuk aplikasi suhu tinggi dan lapis kedap air.

Geomembrane digunakan oleh banyak proyek di seluruh dunia salah satunya di Indonesia untuk melapisi TPA, kolam, tambak, sistem drainase & irigasi, sistem biogas limbah, tangki penyimpanan cairan, penimbunan bioreaktor, dll.