• 2023-08-23
  • PNE Team

Memahami Manfaat dan Penggunaan Geotextile Woven PET

Dalam era konstruksi modern, teknologi terus berkembang untuk memastikan infrastruktur yang lebih tahan lama dan berkelanjutan. Salah satu terobosan yang menarik perhatian adalah penggunaan Geotextile Woven PET. Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang Geotextile Woven PET dan manfaatnya dalam proyek konstruksi.

Apa itu Geotextile Woven PET?

Geotextile Woven PET merupakan woven geotextile berkekuatan tinggi yang memiliki kuat tarik putus dan kuat tarik jangka panjang paling baik dibanding geotextile lainya. Woven PET terbuat dari benang polyester yang memiliki kekuatan tinggi dan ketahanan terhadap rangkak sangat baik.

geotextile woven PET
Geotextile woven PET

Fungsi Geotextile Woven PET

Geotextile Woven PET berfungsi sebagai perkuatan dan mempertahankan kestabilan timbunan. Material ini juga berfungsi sebagai separasi, mencegah tercampurnya tanah lunak dengan material granular, sehingga menjaga kesatuan dari material granular (Base Course)

Baca Juga: Geotextile woven untuk perkuatan tanah lunak

Aplikasi

Perkuatan Timbunan

Pada area dekat dengan sungai dan Pantai, biasanya ditemukan material lempung atau lanau jenuh. Pengembangan konstruksi seperti jalan, kereta api, container yard yang berhadapan dengan kondisi alam seperti ini, harus mempertimbangkan kestabilan dari timbunan.


Terbatasnya waktu kerja terkadang tidak memungkinkan untuk dilakukan konstruksi secara bertahap. Di area lain, terbatasnya tempat tidak memungkinkan untuk penggunaan berm/counter weight. Material woven PET sebagai perkuatan memungkinkan timbunan mencapai tinggi design tanpa mengurangi stabilitas dari timbunan

geotextile perkuatan timbunan
Geotextile perkuatan timbunan

Perkuatan Daya Dukung Struktur Pantai

Konstruksi bangunan pantai ( timbunan, tanggul, breakwater, jetty) yang kerap berhadapan dengan lempung lunak menjadi tantangan tersendiri terhadap kestabilan dari bangunan konstruksi ini. Geotextile Woven PET kuat tarik tinggi memberikan tahanan geser pada permukaan fondasi, sehingga kenaikan lumpur dapat dikurangi.

Baca Juga: Geotextile Woven Untuk Perkuatan Konstruksi Jalan

Perkuatan Timbunan pada Tiang

Konstruksi timbunan pada tanah kompresibel biasanya didesain dengan menggunakan tiang-tiang untuk mencegah penurunan berlebih. Pilecap beton biasanya dikonstruksi di atas tiang untuk menjamin bahwa beban ditransfer secara sempurna pada tiang-tiang. Woven PET yang memiliki kuat tarik tinggi didesain secara khusus untuk design jangka panjang sebagai load transfer platform . Memiliki fungsi yang sama dengan pilecap beton, material ini tergolong lebih ekonomis dibandingkan pelat beton.

geotextile perkuatan timbunan tiang
Perkuatan timbunan tiang

Kelebihan Woven Polyester

  1. Meningkatkan stabilitas timbunan, sehingga tinggi timbunan dapat dicapai dengan cepat.
  2. Memiliki kuat tarik tinggi dari 50 kN hingga 1600 kN
  3. Lebih cost effective pada area konstruksi tanah lunak

Spesifikasi Woven Polyester

spesifikasi geotextile woven
Spesifikasi geotextile woven PET

Kesimpulan

Geotextile Woven PET adalah inovasi penting dalam industri konstruksi modern yang menawarkan banyak manfaat , seperti perkuatan pada timbunan tanah lunak . Penggunaan material ini membantu menciptakan infrastruktur yang lebih tahan lama, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Dengan terus meningkatkan pemahaman kita tentang teknologi ini, diharapkan penggunaan Geotextile Woven PET akan semakin meluas dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia konstruksi.

Hubungi kami