• 2023-06-12
  • PNE Team

Pipa HDPE, Fungsi, Keuntungan dan Jenis Ukurannya

Pipa HDPE

Saat ini sistem pengaliran air sebagian besar sudah menggunakan pipa plastik. Salah satu alasan mengapa pipa plastik banyak dipakai adalah karena bahan ini tidak memiliki bau menyengat yang yang biasa menmpel pada air yang dilairkan. Pipa HDPE (High Density Polyethylene) adalah termasuk bagian dari pipa plastik yang juga sering dipakai sebagai sistem pengairan. Pipa in terbuat dari olahan minyak bumi, memliki ciri-ciri yaitu berwarna hitam pekat dan juga memiliki garis biru disepanjang bagian pipa tersebut.

pipa hdpe
pipa HDPE

Pipa HDPE memliki sifat yang elastis, artinya material ini dapat digunakan pada medan tanah apapun. kelebihan lain dari pipa HDPE ini adalah selain awet hingga usia 50 tahun, pipa ini juga mempunyai bobot yang ringan menjadikan material ini dapat dipindah atau bawa kemana saja.

Cara penyambungan Pipa HDPE ini bisa dibilang cukup kompleks karena harus menggunakan alat atau mesin khusus yang dinamakan butt fusion, hasil dari penyambungan dua pipa HDPE atau lebih akan lebih kuat walaupun pipa terguncang atau terkena suhu panas tinggi akan tetap aman.

Fungsi Pipa HDPE

Dari penjalasan diatas, pipa HDPE memang memiliki banyak keunggulan menjadikan material ini dapat difungsikan untuk berbagai keperluan, apa saja kegunaannya? seperti berikut:

instalasi pipa hdpe
HDPE pipe Installation

Sebagai Sistem Pengairan

Dalam sistem pengairan Pipa HDPE dapat difungsikan sebagai media untuk mengalirkan air mulai dari jarak yang dekat sampai dengan jarak yang lumayan jauh. Pipa ini sangat cocok untuk pengairan karna ke awetannya yang hingga 50 tahun sehingga dapat menekan biaya maintenance atau pergantian pipa untuk beberapa puluh tahun kedepan. Jika pengairan menggunakan pipa besi sudah pasti lama kelamaan akan mengakibatkan karat yang akan mencemari air, beda dengan pipa HDPE karena memliki bahan dasar plastik HDPE tentunya aman dan tidak akan mencemari air.

Kabel protektor

Pipa HDPE dapat juga difungsikan sebagai pembungkus atau protektor kabel yang tertanam di dalam tanah, jadi pipa ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengalirkan air saja. karena ke awetannya yang hingga ber puluh – puluh tahun lamanya menjadikan pipa HDPE dipilih sebagai protektor kabel fiber optik dan sejenisnya karena akan melindungi dari kerusakan.

Sebagai Penyaluran Gas

Untuk menggunakan Pipa HDPE ini sebagai penyalur gas memang memungkinkan karena pipa ini memiliki warna khusus yang digunakan sebagai instalasi gas bertekanan tinggi yaitu berwarna kuning, beda dengan warna pipa HDPE yang digunakan untuk air atau proteksi kabel yaitu hitam. Warna khusus yang digunakan untuk gas ini akan memudahkan orang dan juga bisa memberikan sinyal berbahaya pada orang yang akan melintas pipa tersebut.

Baca Juga: Cara Instalasi geopipe corrugated pipe

Perlakuan khusus selain itu, pipa HDPE gas ini juga tidak disaran cara penyambungannya menggunakan mesin butt fusion, selain berbahaya ini akan menghindari kebocoran saat penggunaan. Dalam metode penyambungan pipa HDPE untuk gas ini harus menggunakan mesin khusus yaitu electric fusion.

Cocok pada lokasi rawan bencana

Pipa HDPE sangat baik Karena sistem penyambungannya yang kompleks dan memperkecil kemungkinan terlepasnya pipa, HDPE sangat cocok digunakan untuk daerah dengan kontur tanah yang tidak stabil dan rawan bencana, seperti daerah pegunungan yang rawan tanah longsor maupun daerah yang rawan banjir.

Jenis dan Ukuran Pipa HDPE

Pipa HDPE memang memiliki jenis dan ukuran berbeda. Pipa ini juga memiliki kode PN atau dalam singkatan yaitu Preasure Nominal atau kapasitas tekanan pada pipa HDPE tersebut seperti:

  • PN-6,3 dengan tekanan 6,3kg/,
  • PN-8 untuk tekanan 8kg/,
  • PN-10 untuk tekanan 10kg/,
  • PN-12,5 untuk tekanan 12,5kg/,
  • PN-16 untuk tekanan 16kg/.

Cukup banyak keuntungan dari menggunakan pipa HDPE sebagai konstruksi. PT. Petra Nusa Elshada adalah salah satu supplier pipa HDPE dengan kualitas terbaik dan harga termurah. Dengan menggunakan produk yang berkualitas maka semua pekerjaan akan menghasilkan konstruksi yang baik juga. Untuk pemesanan silahkan klik link dibawah ini.

Hubungi kami