Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2022-09-06
  • Petra Nusa Elshada

Sifat Khusus Geosintetik

Berikut adalah Sifat fisik, dan kinerja khusus material geosintetik yang dibutuhkan dalam perencanaan yang diuraikan. Sifat tersebut haruslah diberikan dalam bentuk Nilai Gulungan Rata-rata Minimum (Minimum Average Roll Value, MARV) dengan metode uji yang diperlukan. MARV adalah nilai terkecil rata-rata yang didapat dari setiap gulungan yang telah diuji. Gulungan yang memiliki nilai rata-rata harus lebih besar dari nilai yang disarankan berdasarkan suatu jenis uji tertentu. Sertifikasi MARV dapat diperoleh oleh pabrik pembuat geosintetik.

sifat geosintetik

Uji kinerja telah dilakukan untuk perencanaan, produk geosintetik yang telah disetujui sudah dapat diuraikan spesifikasinya. Kata-kata ”atau sama” dan ”atau sepadan” sebaiknya dihindari dalam spesifikasi, kecuali kesetaraan tersebut dijelaskan sebagai sifat-sifat indeks dan kriteria kinerja yang dibutuhkan untuk dimasukkan ke dalam daftar yang disetujui. Daftar produk yang disetujui juga dapat dikembangkan berdasarkan pengalaman pada kondisi-kondisi yang sering dialami.

Suatu produk yang sudah disetujui dan ditetapkan, produk geosintetik baru dapat ditambahkan ke dalam spesifikasi ketika produk tersebut telah disetujui. Contoh produk dari pabrik harus diperoleh secara periodik sehingga dapat dibandingkan dengan benda uji awal yang telah diperiksa untuk meyakinkan apakah proses pembuatan telah berubah sejak produk tersebut disetujui. Pembuatan daftar produk geosintetik yang disetujui akan membutuhkan banyak tenaga, namun apabila telah ditetapkan, daftar tersebut dapat menjadi cara yang sederhana untuk mengidentifikasi geosintetik.