• 2024-01-26
  • PNE Team

Mengenal Jenis Geosintetik dan Fungsinya

Apa itu geosintetik? Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum mengenal material tersebut. Geosintetik sendiri sering digunakan dalam berbagai proyek konstruksi karena memiliki fungsi yang cukup penting sesuai jenis geosintetik yang digunakan.

Material buatan ini secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan konstruksi yang semakin beragam. Meskipun terbuat dari bahan sintetis, namun produk geosintetik cukup efektif untuk fungsi perkuatan dan perlindungan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Geosintetik adalah

Geosintetik dikenal sebagai salah satu material buatan yang banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi. Produk geosintetik biasanya digunakan untuk pengerjaan konstruksi yang berhubungan dengan tanah. Secara umum, geosintetik memiliki beberapa fungsi penting seperti berikut:

  • Fungsi separasi yang akan mencegah dan menghalangi tanah agar tidak bercampur antara tanah yang jelek dengan granular yang bagus.
  • Mencegah terjadinya erosi akibat tanah yang tidak stabil selama musim hujan.
  • Fungsi drainase yang memungkinkan terjadinya aliran air tanpa kehilangan tanah.
  • Fungsi perkuatan yang akan meningkatkan daya dukung tanah agar tetap stabil.
  • Fungsi lapis kedap yang secara efektif mampu melindungi badan jalan dari risiko kerusakan.
  • Fungsi proteksi yang akan membantu menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

Jenis Jenis geosintetik

1.     Geotekstil

Produk geosintetik yang sering digunakan dalam bidang pekerjaan teknik sipil adalah geotekstil. Fungsinya antara lain adalah sebagai sistem proteksi lereng, mencegah erosi, filtrasi bendungan, dinding penahan dan lain-lain. Jenis geotekstil sendiri bisa dibedakan menjadi dua, yaitu geotextile woven dan non woven.

Geotextile
Geotextile

2.     Geogrid

Geogrid merupakan salah satu produk geosintetik yang bentuknya seperti kisi-kisi dengan fungsi utama untuk perkuatan tanah dan material yang sejenis. Penerapan geogrid diantaranya adalah meningkatkan masa pakai pada perkerasan jalan dan memperkuat kondisi tanah.

geogrid
Geogrid

3.     Geomembran

Produk geosintetik yang disebut dengan geomembran ini bentuknya berupa lembaran anti air yang tahan terhadap cairan serta bisa dibentuk dan digabung dengan mudah. Jenisnya sendiri bisa dibedakan menjadi 3 yaitu HDPE, LDPE dan PVC. Salah satu fungsinya adalah melapisi struktur penyimpanan.

geomembran
geomembran

4.     Geocomposites

Geocomposites merupakan produk geosintetik yang mengkombinasikan antara geotekstil, geogrid, geonet, serta geomembran. Fungsinya cukup beragam, yaitu untuk perkuatan, drainase, separasi, dan lain sebagainya. Jenis geosintetik ini juga digunakan untuk stabilisasi di bawah rel kereta api.

geocomposite
Geocomposite

5.     Geofoam

Bahan yang digunakan dalam pembuatan geofoam adalah Expanded Polystyrene atau EPS. Dengan karakteristik bahan yang ringan, geofoam banyak digunakan untuk konstruksi di atas tanah lunak, insulasi subgrade jalan raya dan landasan pacu, serta stabilisasi lereng maupun dinding penahan.

geofoam
Geofoam

6.     Geopipes

Produk geosintetik yang satu ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dari beberapa produk geosintetik lainnya. Salah satu fungsi utamanya adalah membantu menghilangkan cairan berbahaya dari area lahan pertanian yang subur. Produk ini juga bisa berfungsi sebagai drainase yang efektif dan tahan lama.

Geopipe

7.     Geocell

Struktur seluler ini biasanya diisi dengan material tertentu seperti batu kerikil, tanah dan material lainnya. Fungsinya adalah untuk memberikan perlindungan terhadap potensi erosi dengan cara menstabilkan lereng pada lahan yang curam. Produk ini juga efektif untuk melindungi saluran dan konstruksi jalan.

geocell
Geocell

8.     Geosynthetic Clay Liner (GCL)

GCL merupakan produk geosintetik yang memadukan antara bahan polimer dengan minyak alami. Biasanya GCL banyak digunakan dalam bidang geoteknik dan bidang lainnya. Produk ini dipilih karena lebih ramah lingkungan.

geosynthetic clay liner
Geosynthetic Clay Liner

Jenis geosintetik bisa dibedakan menjadi 8 seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Masing-masing memiliki keunggulan dan fungsi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang membutuhkan produk geosintetik berkualitas, silakan hubungi https://petrane.co.id/ untuk melakukan pemesanan.

Hubungi kami