• 2022-07-22
  • Petra Nusa Elshada

Perbandingan Pipa HDPE dan Pipa Beton

Ditinjau dari beberapa aspek, pipa HDPE dan pipa beton memiliki beberapa perbandingan

  1. Kapasitas aliran HDPE 1,3 kali dari pipa concrete/ beton, sehingga untuk mendapatkan kapasitas aliran yang sama diameter pipa HDPE dapat dibuat lebih kecil.
  2. Untuk menyambung pipa HDPE, sangat praktis, sederhana dan cepat sehingga pemasangan pipa HDPE 3 kali lebih cepat dibandingkan konstruksi pipa beton. Biaya konstruksi pun dapat ditekan lebih efisien
  3. Pipa Spiral diproduksi dengan material HDPE yang ringan sehingga penggunaan peralatan berat (mekanis) dapat dikurangi dibandingkan penggunaan pipa beton
  1. Masa pemakaian pipa HDPE lebih lama . Secara teori, pipa HDPE dapat dipakai lebih dari 50 tahun. Sementara masa pakai pipa betons ecara teori hanya 20 tahun.
  2. Dibandingkan dengan pipa beton, pipa Spiral HDPE memiliki ketahanan terhadap benturan yang jauh lebih baik. Selain itu, material ini juga memiliki stabilitas kimia yang sangat baik sehingga pipa ini dapat bekerja pada zat kimia dengan oksidan yang cukup kuat.

Baca Juga

Pipa spiral HDPE

Dari aspek di atas, dapat disimpulkan bahwa pipa HDPE memiliki keunggulan dibandingkan pipa beton, secara biaya penggunaan pipa HDPE dapat disimulasikan sbb:

pipa HDPE dan Pipa beton
perbandingan pipa HDPE dan beton