• 2022-06-22
  • PNE Team

Apa itu Geotextile?, Jenis dan Fungsinya

Geotextile

Geotextile adalah material pelapis yang dimanfaatkan pada berbagai pekerjaan bidang teknik sipil. Yang mana material tersebut tersusun atas benang-benang sintetis yakni jenis tanpa teranyam dan anyaman.

Sementara itu, pengertian geotextile dari American Standard Testing Material  (ASTM) D4439 yakni geosintetik permeabel berbentuk serupa dengan tekstil yang diaplikasikan pada lapisan tanah atau batu. Geotekstil yang dimaksud berguna untuk optimasi pondasi suatu bangunan, batuan, tanah, juga pekerjaan geosintetik lainnya.

Material geotextile dapat memiliki sifat pelengkap dalam proses pembangunan struktur dan pembuatan produk. Dapat disimpulkan bahwa materialnya sangat diperlukan pada pekerjaan sipil. Yang mana sangat berperan penting dalam pembangunan konstruksi sipil misalnya konstruksi jalan.

Pada umumnya geotextile terbagi atas dua jenis yakni material berupa anyaman & bukan anyaman (Geotextile Woven dan Geotextile Non Woven). Masing-masing jenisnya memiliki fungsi optimal untuk pembangunan pondasi bangunan. Contohnya bangunan gedung, kolam, infrastruktur, rel kereta, & lain-lain.

pemasangan geotextile non woven
Pemasangan geotextile non woven

Fungsi Geotextile

Sebagai Penyaring

Pada dasarnya geotextile mempunyai sifat Permeability tinggi yang dapat membantu mengalirkan air dari bahannya. Pada penerapannya geotextile berfungsi sebagai filter yang akan menyaring aliran air tanpa memerlukan media tanah. Air tetap tersaring dengan baik dan tanah yang ada tidak ikut serta menembus bahan.

geotextile filtering
Geotextile filtering

Sebagai Pemisah

Fakta menerangkan bahwa bahan geotextile diketahui sebagai material paling efektif dalam pencegahan pencampuran tanah. Terutama jenis tanah lunak maupun tanah dengan pengerasan yang terdapat diatasnya.

geotextile separator
Geotextile separator

Terlihat kentara dalam pembangunan jalan yang menggunakan tanah lunak. Kerap kali dasar tanah lunak akan berkumpul karena dampak air hujan yang merembes. Ketika dasar tanah lunak mengalami penumpukan maka kiprah geotekstil sebagai pemisah akan berfungsi optimal.

Terutama mencegah supaya kenaikan tanah lunak tidak bercampur dengan tanah perkerasan. Inilah yang dianggap menggunakan salah  satu kelebihannya yakni mempunyai daya mulur yang baik. Sekaligus sanggup menahan gaya permeabilitas yang sempurna antara tanah perkerasan diatas & tanah lunak.

Geotextile Sebagai Stabilisator

Fungsi lainnya merupakan menjadi stabilisator yang masih bersinggungan menggunakan fungsi separator sebelumnya. Sebab bahan pelengkap tadi mempunyai gaya tarik yang kuat dan mampu menyalurkan beban yang terdapat diatasnya dengan merata. Alhasil, bisa memaksimalkan kekuatan tanah saat melakukan proses pengurugan.

Geotextile Stabilisator

Ketiga fungsi geotekstil diatas umumnya ditemukan dalam setiap pelaksanaan material sendiri.

Jenis-Jenis Geotextile

Geotextile Woven

Geotextile Woven yang tak jarang ditemukan umumnya terbuat dari bahan material Polypropylene polymer (PP). Namun ada juga geotextile woven yang dibentuk berdasarkan bahan Polyester (PET). Dilihat dari segi bentuknya material ini berupa lembaran dan menggunakan serat yang ditenun menggunakan teknlogi mutakhir.

Baca Juga: Geotextile Untuk Pembangunan

Geotextile Woven

Material woven geotextile mempunyai daya tahan terhadap sinar ultra violet. Sekaligus daya tahan terhadap kekuatan tarik  yang tinggi apabila diuji menggunakan standar ASTM. Woven sendiri berarti anyaman, sekilas material ini mirip seperti karung .

Geotextile Non Woven

Geotextile Non woven lebih dikenal menggunakan sebutan filter fabric. Apabila dilihat sekilas menampilkan bentuk yang hampir serupa menggunakan woven. Dimana memiliki bentuk lembaran tetapi tidak diproduksi dengan cara anyaman namun dibuat secara needle punch dan dipanaskan.

Baca Juga: Geotextile separator dan stabilisator

Geotextile Non Woven

Menyoal material dasar pembuatan non woven pula masih sama. Beberapa yg beredar di pasaran terbuat dari polimer polyester (PET) & Polypropylene (PP). Jenis woven dan non woven pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama. Hanya saja penggunaannya bergantung pada jenis tanah dan tujuan konstruksi pembangunan.

PT. Petra Nusa Elshada adalah supplier serta distributor geotextile terbesar yang menjual produk geotextile dengan harga murah dengan kualitas terbaik. Untuk pemesanan produk geotextile woven atau non woven silahkan klik link dibawah.

Hubungi kami