• 2024-02-05
  • PNE Team

Perbaikan Tanah Lunak, Metode dan Proses Perbaikan dengan Geosintetik

Perkembangan dunia konstruksi yang semakin meningkat membutuhkan teknologi pendukung yang memadai. Itulah mengapa saat ini ada banyak inovasi teknologi yang telah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi yang semakin kompleks. Salah satunya berkaitan dengan perbaikan tanah lunak.

kerusakan jalan
Kerusakan jalan

Seperti yang diketahui, ketersediaan lahan dengan kondisi tanah yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk mendukung laju pembangunan konstruksi. Tanah menjadi tempat berdirinya bangunan sehingga daya dukung tanah harus memenuhi standar. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan berikut.

Definisi Tanah Lunak

Salah satu permasalahan yang sering muncul dalam bidang konstruksi adalah kondisi tanah lunak yang memiliki daya dukung rendah. Permasalahan tersebut bisa menimbulkan dampak yang merugikan, seperti biaya konstruksi yang mahal hingga potensi kerusakan bangunan akibat daya dukung rendah.

Baca Juga: Geocell Untuk Konstruksi Jalan

Secara umum, tanah lunak memiliki beberapa karakteristik seperti berikut:

  • Daya kuat geser yang rendah dan jika kadar air bertambah akan menyebabkan kuat geser semakin berkurang.
  • Kondisi tanah secara visual bisa ditembus menggunakan jari dengan kedalaman minimal 2,5 cm.
  • Kuat geser akan berkurang jika struktur tanah mengalami masalah atau terganggu.
  • Kondisi tanah ketika basah cenderung mudah mampat dan bersifat plastis.
  • Memiliki tingkat kompresibilitas yang tinggi.
  • Memiliki tingkat permeabilitas yang rendah.

Metode Perbaikan Tanah Lunak (Ground Improvement)

Perbaikan atau stabilisasi tanah merupakan suatu metode yang dilakukan untuk memperbaiki sifat tanah agar memiliki daya dukung yang tinggi. Adapun tujuan dari metode perbaikan tersebut antara lain adalah:

  • Meningkatkan kapasitas daya dukung tanah agar mencapai standar mutu yang diinginkan.
  • Mencegah terjadinya risiko penurunan bangunan.
  • Menghindari konstruksi pondasi yang terlalu dalam.
  • Menghemat biaya pembangunan.
  • Menghindari kemungkinan penggantian tanah yang terlalu besar.

Sebelum melakukan upaya ground improvement, diperlukan adanya evaluasi awal untuk mengetahui karakteristik tanah serta kedalaman air tanah di area yang diinginkan. Adapun kondisi tanah yang memerlukan perbaikan adalah sebagai berikut:

  • Tanah sulit seperti tanah ekspansif, tanah lempung, tanah dengan kandungan bahan organik, serta tanah yang mudah longsor.
  • Tanah dengan potensi likuifaksi.
  • Tanah dengan daya dukung rendah atau mudah mampat.

Secara umum ada dua metode ground improvement untuk memperbaiki kondisi tanah. Yaitu metode pemadatan tanah dan mengeluarkan air untuk meningkatkan kerapatan tanah serta metode injeksi bahan stabilisasi untuk mengkonsolidasi tanah.

Adapun secara lebih lengkap, metode yang bisa dilakukan untuk perbaikan tanah lunak adalah:

  1. Metode pembongkaran dan penggalian
  2. Metode pembongkaran dan pemindahan
  3. Metode preloading atau prapembebanan
  4. Menggunakan urugan ringan
  5. Menggunakan urugan penyangga sendiri
  6. Grouting atau injeksi semen
  7. Penulangan tanah
  8. Pemadatan tanah dengan getaran
  9. Pemadatan tanah dengan pemindahan
  10. Konsolidasi dinamik

Proses Perbaikan Tanah Lunak dengan Geosintetik

Salah satu metode yang banyak dipilih untuk memperbaiki struktur tanah agar memiliki daya dukung yang tinggi adalah dengan teknik geosintetik. Seperti yang diketahui, geosintetik merupakan material sintetis yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan konstruksi seperti perbaikan tanah dasar.

tanah lunak
Tanah lunak

Jenis geosintetik sendiri cukup beragam dengan fungsi masing-masing yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan proyek konstruksi. Diantaranya adalah geotextile, geomembrane, geogrid, geomat, geocell, geonet, geopipe, geobag dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tanah Ekspansif

Salah satu proses perbaikan tanah bisa dilakukan dengan cara menambahkan material geotextile pada konstruksi jalan. Adapun fungsi dari material tersebut adalah sebagai filtrasi, separasi, serta stabilisasi agar daya dukung tanah meningkat dan konstruksi jalan tidak mudah retak, amblas atau bergelombang.

Perbaikan tanah lunak merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya dukung tanah agar sesuai dengan standar mutu yang diinginkan. Perbaikan bisa dilakukan dengan material geosintetik yang terbukti efektif untuk perkuatan. Anda bisa mendapatkan produk tersebut di https://petrane.co.id/.

Hubungi kami