• 2022-09-21
  • PNE Team

Pipa HDPE: kelebihannya dan Cara Memilih Jenis yang Tepat

Pipa HDPE

Pipa HDPE (High Density Polyethylene) memiliki bahan dasar yang terbuat dari biji plastik murni atau biasa disebut PE 100 yang juga mempunyai fungsi sebagai pipa air. Pipa dengan berbahan polyethylene berdensitas tinggi merupakan material pipa terbaik jika di bandingkan dengan pipa lainnya, Produk ini mempunyai sifat elastisitas yang tinggi sehingga sangat mudah untuk pemasangan dan juga mudah dalam penyambungan, mempunyai sifat mengikuti pergerakan tanah.

Pipa HDPE
Pipa HDPE

Kelebihan lainnya adalah memiliki tingkat keretakan yang rendah sehingga bisa bertahan lebih dari 50 tahun. Pipa HDPE adalah produk pipa yang biasa digunakan khusus untuk instalasi air bersih yang tergolong pipa plastik pengganti pipa besi dan pipa pvc, memiliki sifat food grade dan sistem perpipaan lainnya.

Baca Juga: HDPE Pipe Butt Fusion Machine Tools

instalasi pipa HDPE
Instalasi pipa hdpe

Kelebihan pipa hdpe

Produk pipa ini memiliki sifat yang lentur sehingga mudah dalam proses penyambungan atau instalasi baik di wilayah pegunungan dan dengan medan yang sulit serta mampu menahan arus air dengan tekanan 16 bar sangat cocok diaplikasikan diwilayah pegunungan atau dasar laut. pipa HDPE juga mampu bertahan pada temperatur tinggi (120 oC) sehingga dapat digunakan sebagai irigasi dan lainnya.

Baca Juga: Cara Instalasi Geopipe / Corrugated Pipe

Jenis Pipa HDPE

Jenis Pipa HDPE memang beragam jenis serta ukuran berbeda. Penamanan Pipa ini juga menggunakan kode kode unik seperti PN atau dalam singkatan yaitu Preasure Nominal atau kapasitas tekanan pada pipa ini tersebut seperti:

  • PN-16 untuk tekanan 16kg/
  • PN-6,3 dengan tekanan 6,3kg/,
  • PN-8 untuk tekanan 8kg/,
  • PN-12,5 untuk tekanan 12,5kg/,
  • PN-10 untuk tekanan 10kg/,

Fungsi pipa HDPE

Sebagai Pengairan

Sistem pengairan pada umumnya sudah menggunakan Pipa HDPE untuk kebutuan jarak yang dekat sampai dengan jarak terjauh. Material ini memang cocok karena keawetannya bisa mencapai hingga 50 tahun akan dipastikan aman untuk pemakaian jangka panjang. Karena memiliki bahan dasar yang terbuat dari plastik yang aman dan tidak mencemari air yang mengalir pipa ini bisa menggantikan pipa besi yang mudah berkarat dan berbahaya.

Pelindung kabel

Sebuah pipa memang tidak selalu digunakan untuk benda cair atau sejenisnya. Pipa HDPE bisa juga digunakan untuk pelindung kabel karena memiliki sifat yang awet dan flexible. Penggunaan pipa hdepe sebagai pelindung kabel sudah banyak diaplikasikan pada perusahaan provider internet karena akan melindungi kabel fiber oprik dari bahan kimia atau medan yang ekstrim.

Sebagai penyalur gas

Pipa hdpe memiliki jenis yang khusus digunakan sebagai penyaluran gas bertekanan tinggi, untuk jenis ini memiliki warna yang berbeda dan menggunakan teknologi penyambungan yang berbeda juga dengan jenis pipa untuk menyalurkan air. Untuk penggunaannya gas pipa ini memiliki warna khusus yaitu kuning agar lebih mencolok agar bisa memberi peringatan kepada orang-orang yang melewati pipa tersebut.

Hubungi kami