• 2024-01-11
  • PNE Team

Aplikasi Geosintetik: Fungsi dan Jenisnya

Geosintetik merupakan salah satu material berbahan sintetik yang lazim digunakan dalam berbagai proyek konstruksi. Aplikasi geosintetik cukup beragam sesuai dengan jenis dan fungsinya. Meskipun bukan termasuk material alami, namun penggunaannya cukup efektif untuk menstabilkan medan.

Dapat dikatakan bahwa geosintetik merupakan inovasi di bidang teknologi yang secara khusus dikembangkan untuk mengatasi masalah konstruksi, terutama yang berkaitan dengan tanah. Untuk mengenal geosintetik secara lengkap, Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Fungsi dan Manfaat Geosintetik

Pada dasarnya fungsi geosintetik cukup bervariasi dan sangat bermanfaat untuk berbagai macam proyek konstruksi. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat geosintetik yang perlu diketahui:

Pencegahan dan Perlindungan Erosi

Salah satu fungsi penting dari produk geosintetik adalah sebagai teknologi untuk pencegahan dan perlindungan erosi. Dengan memanfaatkan material geotekstil, lapisan bawah tanah akan tetap dalam kondisi stabil sehingga terhindar dari risiko erosi selama musim hujan.

jenis geosintetik geocell
Jenis geosintetik (Geocell)

Bahan geotekstil yang digunakan dalam sistem geobag dan geotube secara efektif mampu menahan dan menghalangi gelombang tinggi. Biasanya material tersebut akan difungsikan sebagai pemecah gelombang. Material ini sangat kuat dan tahan terhadap cuaca, senyawa kimia maupun mikro organisme sehingga awet.

Baca Juga: Mengenal Geocell untuk Jalan dan Manfaatnya

Fungsi Separasi

Material geosintetik sangat berguna untuk memisahkan antara lapisan tanah yang berbeda. Dengan adanya produk geosintetik, fungsi separator secara efektif akan mencegah terjadinya percampuran antara lapisan tanah yang buruk dengan material granul yang memiliki kualitas bagus.

Geotextile non woven sebagai separasi
Geotextile non woven sebagai separasi

Fungsi Drainase

Fungsi lainnya adalah drainase. Dalam hal ini material geosintetik akan memungkinkan terjadinya aliran di dalam bidangnya secara memadai tanpa mengurangi tanah. Sehingga mampu menciptakan keseimbangan. Contohnya pada bendungan, dinding penahan tanah serta waduk dan kanal.

Perkuatan

Fungsi lainnya berupa perkuatan yang merupakan salah satu aplikasi geosintetik pada subgrade jalan. Biasanya material yang digunakan adalah geocomposite yang secara efektif akan meningkatkan kekuatan serta stabilitas pada subgrade di jalan raya.

Baca Juga: Geotextile Woven, Spesifikasi, Ukuran dan Aplikasinya

Bukan hanya itu saja, produk geosintetik juga efektif untuk menguatkan lereng tanah serta memberikan penguatan yang akan mendukung stabilitas tanah dan jalan.

Filtrasi

Produk geosintetik juga memiliki fungsi penting dalam hal filtrasi. Fungsi ini memungkinkan air mengalir melalui material geosintetik baik dengan arah vertikal maupun horizontal. Fungsi tersebut juga akan menahan material tanah sehingga tidak keluar bersama aliran air.

Stabilisasi

Fungsi selanjutnya adalah stabilisasi yang akan membantu memperbaiki sifat mekanis tanah. Seperti yang diketahui, kondisi tanah yang akan digunakan dalam proyek konstruksi harus dalam kondisi stabil agar beban di atasnya tetap seimbang.

Fungsi Lapis Kedap

Fungsi lapis kedap pada produk geosintetik secara efektif akan sangat berguna dalam pembangunan jalan. Sifat lapis kedap dari material ini mampu melindungi badan jalan dari berbagai kerusakan akibat hujan. Kondisi ini bisa terjadi karena material tersebut akan menampung cairan dan gas selain partikel tanah.

Fungsi Proteksi

Dengan menggunakan material plastik berbahan polimer, produk geosintetik akan membantu menjaga kelestarian sumber daya dan lingkungan. Produk ini sangat efektif untuk sistem perlindungan karena memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik terhadap cuaca.

Macam-macam Aplikasi Geosintetik

Sebelumnya sudah dibahas mengenai fungsi geosintetik yang cukup beragam dengan penerapan yang sangat luas. Aplikasi produk geosintetik sendiri ada banyak jenisnya, diantaranya berupa geotextile, geomembran, geogrid, geofoam, geocomposites, geocell, geopipes, dan geosynthetic clay liner.

Masing-masing dari produk geosintetik tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting dalam bidang konstruksi. Dengan biaya yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan, produk geosintetik dianggap sebagai solusi tepat untuk berbagai kebutuhan konstruksi.

Aplikasi geosintetik pada perbaikan subgrade jalan merupakan salah satu contoh penerapan produk geosintetik yang selama ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan konstruksi. Anda bisa mendapatkan berbagai macam produk geosintetik dengan kualitas terbaik hanya di https://petrane.co.id/.

Hubungi kami